Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Authors

  • Muhammad Najib Universitas PGRI Palembang
  • Hikmah Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Husni Fahritsani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jolma.v3i2.6160

Keywords:

Kata Kunci, Implemntasi, Pembelajaran Daring, PJOK

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19  di SMA Negeri 1 Air Salek. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, untuk data dan sumber data menggunakan data primer yang di dapatkan dari  hasil wawancara dengan narasumber, sedangkan data sukender berupa berkas dan dokumentasi. Pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, teknik analisis data diperoleh dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.

Hasil dari penelitian ini yaitu proses implementasi pembelajaran daring mata pelajaran PJOK di SMA negeri 1 Air Salek menggunakan beberapa aplikasi diantaranya zoom, whatsaap dan cyber school. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran daring mata pelajaran PJOK yaitu, berkurangnya jam belajar sehingga guru belum bisa sepenuhnya memenuhi beban belajar, koneksi internet yang terkadang mengalami gangguan. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran daring mata pelajaran PJOK di antanya yaitu, satunya tersedianya perangkat elektronik seperti komputer, handphone, koneksi internet atau kuota belajar dari pemerintah kepada parass peserta didik.

 

References

Acep Roni Hamdani, A. P. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6.

Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6, 2.

Cintiasih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Iain Salatiga.

Darmadi. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, 1. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 2020, 2.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. jakarta: Bumi aksara.

Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Mudjiono, D. d. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nadziroh, F. (2017). Analisis Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-learning. Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2.

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono, H. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Downloads

Published

2024-01-12

Issue

Section

Articles