Pengembangan Multimedia Pembelajaran Lari 60 Meter Menggunakan Aplikasi PPT

Authors

  • Dianah Dianah Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Maya Kurnia Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jolma.v3i2.7053

Keywords:

dianah

Abstract

Permasalahan dalam peneliti ini adalah kurangnya pemahaman siswa MTs Tasihiliya Ogan Ilir terhadap pembelajaran lari 60 meter.  Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengembangkan model lari 60 meter melalaui multimedia aplikasi PPT (power Point) pada siswa MTs Tasihliya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Metode yang digunakan ialah metode R&D, Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Validasi.

Selanjutnya produk diuji cobakan kepada siswa MTs Tasihliya melalui uji coba sekala kecil, sekala besar, dan produk akhir. Subjek uji coba produk adalah anggota siswa Mts Tasihliya.

Adapun data hasil materi dari aspek kualitas materi mendapatkan nilai 90% dengan kategori “sangat valid†dan aspek isi mendapatkan nilai 90% dengan kategori “sangat valid. Data validasi ahli media dari aspek tampilan mendapatkan nilai 91,8% dengan kategori “Sangat Valid’dan aspek pemrograman mendapatkan nilai 90% dengan kategori “Sangat Validâ€. Untuk uji coba lapangan aspek tampilan mendapatkan nilai “91,6% dengan kategori “Sangat Baikâ€, aspek isi mendapatkan nilai 91,8% dengan kategori “Sangat Baik†dan aspek latihan mendapatkan nilai 91,7% dengan kategori “Sangat Baikâ€. Dapat disimpulkan bahwa produk multimedia lari 60 meter yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk siswa MTs Tasihliya Ogan Ilir.

 

References

Hanafi. (2010:2). Efektifitas Latihan Beban Dan Latihan Pliometrik Dalam Meningkatkan Kekuatan Otot Tungkai Dan Kecepatan Reaksi. Jurnal ilara .

Hariadi, S. (2008:2). Peran Interval Sprint, Akselerasi Sprint, Hollow Sprint Terhadap Peningkatan Kecepatan Siswa Sekolah Sepak Bola Gorontalo, Jurnal Inovasi, Volume 5, Nomor 1, Fik Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal inovasi .

Ishak. (2015:49). Perbedaan Pengaruh Latihan Double Leg Speed Hop Dengan . Jurnal Ilmu keolahragaan .

Kamali. (2015:8). Pengaruh Latihan Menggunakan Alat Kinetics Bands Terhadap Kecepatan Lari 100 Meter Pada Atleet Jepara Atletik Klub (Jac).

Khomsin. (2011:29). Atletik 1. Semarang.

Maksum. (2013). Kontrubusi tinggi, berat badan, dan panjanng tungkai terhadap kecepattan lari cepat (sprint) 100 metre putra . jurnal kesehatan olahraga , 4.

Maksum. (2010:4). Statistik dalam olahraga. Jurnal kesehatan olahraga .

Masumming. (2018:6). Pengaruh Kekuatan Otot Perut Daya Ledak Tungkai Dan Keseimbangan Terhadap Kecepatan Lari 100 Meter Siswa Smp Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal eprints .

Perdana, A. a. (2013). .Kontribusi Tinggi Badan, Berat Badan, Dan panjang tungkai terhadap kecepatan lari cepat sprint 100 putra, dalam jurnal kesehatan olahraga, universitas negeri surabaya. jurnal kesehatan olahraga , 3.

Silalahi, A. (2017). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran.

Sugiyono. (2015-2016-019). Metode Penelitian dan Pengembangan : Reseach and Development. Bandung: Alfabeta.

Sukirno. (2017). Dasar-dasar atletik dan latihan menuju prestasi tinggi. Palembang.

Downloads

Published

2024-01-12

Issue

Section

Articles