Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani Dalam Interaksi Sosial Siswa SMP PGRI 1 Palembang

Authors

  • Samiri Samiri
  • Liza Murniviyanti
  • Rury Rizhardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jolma.v2i1.7313

Keywords:

Nilai-Nilai, Pendidikan Jasmani, Interaksi Sosial

Abstract

Masalah penelitian adalah belum diketahui tingkat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai pendidikan jasmani dalam interaksi sosial di SMP PGRI 1 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai-nilai pendidikan jasmani dalam interaksi sosial antar siswa SMP PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 25 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data menggunakan analisis persentase.Berdasarkan temuan hasil peneltian dan analisis data pada bab 4 di atas, penelitian memberikan kesimpulan bahwa: a) Bahwa pemahaman nilai-nilai pendidikan jasmani dalam interaksi sosial dikarenakan kedua faktor yaitu internal dan eksternal. b) Faktor internal terbagi menjadi 3 sub indikator, yaitu disiplin, tanggung jawab dan sportivitas,  sedangkan faktor eksternal terbagi menjadi e sub indikator, kerjasama, saling menghargai dan tolong menolong. c) Tingkat pemahaman nilai-nilai pendidikan jasmani dalam interaksi sosial pada siswa SMP PGRI 1 Palembang  adalah 73,57 dengan kategori cukup tinggi.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).

Damsir, D., Idris, M., & Rizhardi, R. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. JOLMA, 1(1), 41–53.

Fajar, M. (2017). Peranan intelegensi terhadap perkembangan keterampilan fisik motorik peserta didik dalam pendidikan jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Giriwijoyo, S., Ray, H. R. D., & Sidik, D. Z. (2020). Kesehatan, Olahraga, dan Kinerja. Bumi Medika.

Khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam Pandangan Islam. Jurnal Olahraga Indragiri, 1(1), 1–14.

Kusyandi, A., Murniviyanti, L., & Rizhardi, R. (2021). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. JOLMA, 1(1), 1–16.

Maslow, A. H., Stephens, D. C., & Heil, G. (1998). Maslow on management. John Wiley New York.

Muhajir, M., & Budi, A. M. S. (2018). Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor Dan Disiplin Pondok Penumbuhkembang Karakter Santri. QATHRUNÂ, 5(1), 1–24.

Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148.

Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., Utami, N. R., Purba, P. B., Purba, S., Kato, I., Gumelar, G. R., Cecep, H., & Darmawati, D. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Syafril, M. P., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.

Tucker, J. R., Pearce, A. R., Bruce, R. D., McCoy, A. P., & Mills, T. H. (2012). The perceived value of green professional credentials to credential holders in the US building design and construction community. Construction Management and Economics, 30(11), 963–979.

Yuliatin, E., & Noor, M. (2012). Bugar dengan olahraga. Pt Balai Pustaka (Persero).

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles