Pengaruh Latihan Passing Bawah Menggunakan Media Dinding Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli

Authors

  • Donan Alpandi Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Oktariyana Oktariyana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jolma.v3i2.9669

Keywords:

Passing Bawah Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui apakah latihan passing bawah menggunakan media dinding berpengaruh terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada club ISPRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet putra di club ISPRI Palembang, dengan jumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dengan instrumen berupa tes passing untuk mengukur ketepatan mengarahkan bola saat passing. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,597 lebih besar dari t tabel sebesar 1,761 (5,597>1,761), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rata-rata tersebut terlihat signifikan karena terjadi peningkatan sebesar 1,40 dari 6,80 menjadi 8,20. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Latihan passing bawah menggunakan media dinding terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada club ISPRI Palembang

References

Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga. PT Remaja Rosdakarya.

Sejati, N. W., Tomi, A., & Purnami, S. (2017). Pengaruh Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding Terhadap Hasil Tes Keterampilan Passing Dalam Pembelajaran Bolavoli Pada Kelas X1 Dan X2 Sma Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 180–191.

Shodiq, A., & Sugihartono, T. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Gawang Dalam Meningkatkan Tinggi Lompatan Spike Pada Permainan Bola Voli Siswa Ekstrakurikuler Di Man 2 Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 29–33.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT RajaGrafindo Persada.

Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143–152.

Downloads

Published

2024-01-12

Issue

Section

Articles