NILAI KARAKTER DALAM TRADISI TENUN SAMBAS PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 6
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalp.v10i2.17961Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar di sekolah. Dengan latar belakang keadaan yang terjadi di sekolah, bahwa
pendidikan karakter masih menjadi target dan terus diimplementasikan yang terintegrias pada semua
mata pelajaran. Dalam perkembangannya guru harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai karakter
kepada peserta didik disaat pembelajaran berlangsung. Terutama pada mata pelajaran IPS di satuan
pendidikan sekolah menegah pertama. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Sambas
yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPS berlangsung, mendapatkan informasi mengenai
strategi pembelajaran IPS tentang Tradisi Tenun Sambas dan mengetahui nilai karakter dalam Tradisi
Tenun Sambas diajarkan pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
pembelajaran yang digunakan tergantung pada materinya. Guru melakukan inovasi pembelajaran
dengan berbagai macam strategi, yakni dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, model
pembelajaran pemecahan masalah. Guru sudah berusaha melakukan berbagai cara agar pelajaran
IPS menjadi menarik salah satunya dengan pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan. Nilai-nilai
karakter yang muncul dari proses pembelajaran IPS, terwujudnya sikap peserta didik yang
bertanggung jawab, teleran, jujur, disiplin, sopan dan melahirkan sikap gotong royong.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .