PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) KELAS VII DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Authors

  • Sundari Sundari Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2443

Keywords:

Model Pembelajaran Generative Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Model pembelajaran generatif (Generative Learning) adalah suatu proses yang mendapatkan pengetahuan. Dalam pembelajaran dengan menggunakan model generative learning siswa dituntut mengkonstruksi pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman baru atau peristiwa yang dikaitkan dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran generative learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) kelas VII di SMP Negeri 15 Palembang. Peneliti menggunakan metode Quasi Exsperiment Design dengan design penelitian Nonequevalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Generative Learning memiliki rata-rata sebesar 75,38 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model ceramah yaitu 65,50 dan hasil perhitungan pada Uji-T Independent Sample T-Test yang menggunakan SPSS 22 menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,024. Karena 0,024 < 0,005 maka  ditolak, dapat disimpulkan bahwa: “Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Generative Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model ceramah di kelas VII SMP Negeri 15 Palembangâ€.

References

Amaliah, Yuli. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya, Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hamalik, Oemar. 2014. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Paragonatama Jaya.

Kesumawati, Nila dan Ichwan Aridanu. 2017. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noerfikri Offset.

Kholis, Nur. 2014. “Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003â€. Dalam Kependidikan. Volume II, Nomor 1, 2014.

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarjo, Ika Budi Maryatun dan Nurul Kusumadewi. 2012. Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta), Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-07-01