SEBARAN RUMAH BATU DI DESA TEGUR WANGI KOTA PAGARALAM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Munawati Munawati Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2444

Keywords:

Rumah Batu, Desa Tegur Wangi, Sumber Pembelajaran Sejarah

Abstract

Rumah batu di situs Tegur Wangi kota Pagaralam merupakan peninggalan zaman megalitikum sebagai bentuk penghormatan terhadap arwah nenek moyang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai apa sajakah yang terdapat pada sebaran rumah batu di desa Tegur Wangi kota Pagaralam yang dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Palembang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sejarah yang terdapat pada sebaran rumah batu di desa Tegur Wangi kota Pagaralam yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai sejarah rumah batu di desa Tegur Wangi yaitu rumah batu merupakan peninggalan zaman prasejarah megalitikum, nilai religius rumah batu yaitu dibuat untuk keperluan pemujaan arwah nenek moyang, nilai gotong royong dapat dilihat  dalam pembuatan rumah batu, dan nilai kekeluargaan rumah batu yaitu pemakaman manusia prasejarah menyimbolkan nilai kekeluargaan dengan memberikan penghormatan pada anggota kelompok yang wafat

References

Chairunisa, ED.2017. Model Evaluasi Pada Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA. Seminar Nasional Sejarah III. 28 Oktober 2017-FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang. Volume 2, Nomor 1.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Analisis Hasil Penelitian Arkeologi I Plawangan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 2016. Data Sebaran Megalitik Kota Pagaralam Tahun 2016. Pagaralam: Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan.

Hsfbot. Aksiologisme. Wikipedia. (http://Id.m.wikipedia.org/wiki/Aksiologisme, 23 November 2017), diakses pada tanggal 14 Januari 2018, pukul 17.00 Wib.

Hsfbot. Gotong Royong. Wikipedia. (http://Id.m.wikipedia.org/wiki/Gotong_Royong), diakses pada tanggal 14 Januari 2018, pukul 17.00 Wib.

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. 2017. Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Bhinneka Tunggal Ika (BTI). Jakarta: Kedeputian Bidang Pemanfaatan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI.

_______________________________. 2017. Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Pancasila. Jakarta: Kedeputian Bidang Pemanfaatan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI.

Wawancara dengan Bapak Arman pada tanggal 31 Desember 2017, pukul 11.30 Wib.

Wawancara dengan Ibu Kristantina Indriatuti, tanggal 11 Maret 2018, Pukul 15.30 Wib.

Downloads

Published

2018-07-01