PENGARUH METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Authors

  • Wulantari Wulantari universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2453

Keywords:

Metode Question Student Have, Hasil Belajar

Abstract

Metode Question Student Have adalah suatu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mendapatkan partisipasi siswa melalui tulisan dalam bentuk sebuah pertanyaan. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini yang dilakukan dengan uji hipotesis  menunjukkan bahwa hasil dari  nilai probabilitas (sig) = 0,006 dan nilai taraf signifikan (0,05. Jadi 0,006 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2014. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Paragonatama Jaya.

Hartono, dkk. 2012. PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualiatatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2018-07-01