PENGARUH METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2453Keywords:
Metode Question Student Have, Hasil BelajarAbstract
Metode Question Student Have adalah suatu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mendapatkan partisipasi siswa melalui tulisan dalam bentuk sebuah pertanyaan. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini yang dilakukan dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil dari nilai probabilitas (sig) = 0,006 dan nilai taraf signifikan (0,05. Jadi 0,006 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2014. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Paragonatama Jaya.
Hartono, dkk. 2012. PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualiatatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .