KONSEP KOSMOLOGI MASYARAKAT PRASEJARAH TANJUNG SIRIH KABUPATEN LAHAT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang
  • Widring Tri Sandi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2455

Keywords:

Konsep Kosmologi, Tanjung Sirih, Sumber Pembelajaran Sejarah

Abstract

Konsep kosmologi masyarakat prasejarah Tanjung Sirih kabupaten Lahat sangat penting baik itu untuk pelajar khususnya maupun untuk masyarakat pada umumnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep kosmologi masyarakat prasejarah Tanjung Sirih kabupaten Lahat yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA PGRI Tanah Abang?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui konsep kosmologi masyarakat prasejarah Tanjung Sirih kabupaten Lahat yang dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara yang didapat selama penelitian, yang didapat selama proses penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konsep kosmologi masyarakat prasejarah Tanjung Sirih kabupaten Lahat merupakan ilmu sejarah yang mempelajari alam semesta yang berupa peninggalan situs megalit Tanjung Sirih kabupaten Lahat yang dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah di kelas X SMA PGRI Tanah Abang. Peninggalan-peninggalan situs Tanjung Sirih yang ada di kabupaten Lahat merupan situs peninggalan prasejarah yang penting karena di sana ditemukan sebuah arca harimau pada situs 4, dari tempat-tempat yang terdapat peninggalan situs prasejarah di Sumatera Selatan hanya di situs Tanjung Sirih terdapat arca harimau.

References

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. 1994. Welcome to South Sumatera. Palembang: Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Departemen Pendidikan Nasional.1984. Megalitik Bumi Pasemah (Peran serta Fungsinya). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Herimanto. 2010. Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Yogyakarta: Ombak.

Kustono, Yuver dan Haris Firmansyah. â€Eksistensi Istana Kerajaan di Kalimantan Barat Sebagai Sumber Pembelajatan Sejarahâ€. Dalam Historia. (Volume 4, Nomor 1, 2016).

Soleh, Kabib. 2017. â€Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Sebagai Materi Ajar Sejarah di Sekolah Menengah Atasâ€. Dalam Historia. (Volume 5, Nomor 3, 2017).

Sumardjo, Jakob. 2001. Arkeologi Budaya Indonesia. Yogyakarta: Qalam.

Tim. 2011. Gambaran Umum Kabupaten Musi Bnyuasin. Sekayu: BPS

Downloads

Published

2019-02-01