NILAI-NILAI SEJARAH RUMAH LIMAS SERATUS TIANG DI DESA SUGIH WARAS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL

Authors

  • Natasyah Maharanis Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh Universitas PGRI Palembang
  • Wandiyo Wandiyo Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.8958

Keywords:

Nilai-Nilai Sejarah, Rumah Limas Seratus Tiang, Sejarah Lokal

Abstract

Rumah seratus tiang merupakan salah satu peninggalan dari pangeran Redjed yang terletak di daerah Desa Sugih Waras Kabupaten Ogan Komering Ilir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai sejarah Rumah Limas Seratus Tiang di Desa Sugih Waras Kabupaten Ogan Komering Ilir sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sejarah yang terdapat pada Rumah Limas Seratus Tiang di Desa Sugih Waras sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian nilai-nilai sejarah yang terdapat pada Rumah Limas Seratus Tiang, adalah: Nilai arsitektur, nilai sosial-budaya, nilai politik, dan nilai kekuatan. Dengan dijadikannya rumah limas seratus tiang sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal, maka dapat membantu siswa mengetahui sejarah lokal sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri siswa.

Author Biography

Natasyah Maharanis, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Sejarah

References

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Badudu, J. S. dan Zain, S. M. (1994). Kamus Umum Bahasa. Indonesia. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang. (2010). Sejarah Kota Palembang.

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. (Online). https://www.oecd.org/pisa/PISA-2018-Indonesia.pdf. Diakses pada tanggal 23 April 2021, pada pukul 20.27 WIB.

Saragih M.S. dkk. (2006). Buku Panduan Museum Negeri Sumatera Selatan. Palembang: Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan Dinas Pendidikan Nasional Museum Negeri Jakarta.

Sepriady, Jeki dan Muhamad Idris. (2017). "Jejak Kesultanan Palembang Darussalam di Kabupaten Banyuasin". Dalam Kalpataru, Volume 3, Nomor 2, Desember 2017.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Supriyanto. (2010). Iliran dan Uluan Dikotami dan Dinamika dalam Sejarah Kultur Palembang. Palembang: Eja Publiner.

Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. (1992). Aneka Ragam Permainan dan Khasanah Budaya Nusantara II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-08-02