RAGAM MOTIF FLORA PADA CANDI BUMIAYU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SRIGUNA PALEMBANG

Penulis

  • Herianto Herianto Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i1.1317

Kata Kunci:

Motif ragam flora, Candi Bumiayu, Sumber pembelajaran

Abstrak

Candi Bumiayu merupakan candi peninggalan sejarah masa lampau yang memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya yang baik untuk dipelajari dan sekaligus dapat dijadikan sumber pemeblajaran sejarah yang bermanfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang. Masalah pada penelitian ini adalah nilai sejarah apakah pada motif ragam flora candi Bumiayu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui nilai sejarah dan budaya keragaman motif flora pada candi Bumiayu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah di sekolah Menegah Pertama. Manfaat penelitian ini adalah tersedianya sumber pembelajaran sejarahi mata pelajaran IPS Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini candi Bumiayu mempunyai ragam motif flora yang beragam. Motif flora itu menggambarkan kehidupan dan kesenian pada masa itu, kerukunan antara umat beragama Hindu-Budha. Di dalam relief candi Bumiayu terdapat berbagai ragam motif flora atau tumbuhan. Motif itu antara lain adalah bunga teratai, bunga pucuk rebung, motif patra, daun dan lung, motif ikal.

File Tambahan

Diterbitkan

2018-04-12