EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 91 PALEMBANG

Penulis

  • Oksatiarani Ahyanika Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalp.v9i2.14550

Abstrak

Hasil observasi dan wawancara bersama guru kelas IV A dan kelas IV B di SD Negeri 91 Palembang peneliti menemukan permasalahan di sekolah menunjukkan bahwa kelas IV A memiliki nilai lumayan tinggi, sedangkan kelas IV B masih menunjukkan nilai di bawah rata-rata ketuntasan. Guru belum menggunakan model pembelajaran, pada pembelajaran IPS masih mengacu pada metode ceramah, diskusi, dan pemberian tugas sehingga peserta didik masih belum memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS SD Kelas IV SD Negeri 91 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design yaitu Pretest-Postest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil didapatkan bahwa rata-rata hasil tes yang tertinggi terdapat pada tes akhir kelas eksperimen (postest) sebesar 61,08, sedangkan rata-rata untuk tes akhir kelas kontrol (prestest) sebesar 56. Dengan demikian, terjadi peningkatan setelah diterapkannya model problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 91 Palembang.

Diterbitkan

2023-12-30