PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI KERUH

Penulis

  • Sisi Kurnia Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang
  • Ahmad Zamhari Universitas PGRI Palembang
  • Aan Suriadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalp.v10i1.16154

Abstrak

Model pembelajaran merupakan suatu kerangka konseptual yang menyusun prosedur secara sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berguna sebagai pedoman bagi para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Project Based Learning adalah suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Kuantitatif dan teknik penggumpulan data menggunakan data observasi, data tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji-t, uji-u. Hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis dari tabel independent sampel test di atas nilai Sig. (2-tailed) 0,000 dan nilai taraf signifikan a = 0,05 dengan demikian 0,000 < 0,05 sehingga HO di tolak dan Ha diterima. Artinya “Terdapat Pengaruh Terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Sungai Keruh”.

Biografi Penulis

Sisi Kurnia, Universitas PGRI Palembang

Prodi Pendidikan Sejarah

Eva Dina Chairunisa, Universitas PGRI Palembang

Prodi Pendidikan Sejarah

Ahmad Zamhari, Universitas PGRI Palembang

Prodi Pendidikan Sejarah

Diterbitkan

2024-07-12