DIGITALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH: PEMBUATAN POSTER TOKOH SEJARAH SEBAGAI PENGUATAN NASIONALISME PESERTA DIDIK

Penulis

  • Ahmad Ruslan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Andi Andi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wardah Samiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalp.v10i1.16162

Abstrak

Peran pendidikan dalam membentuk karakter suatu bangsa diharapkan mampu meminimalisir disintegrasi yang terjadi, karena dalam dunia pendidikan peserta didik dibentuk menjadi pribadi yang adaptif, toleransi, dan yang paling penting adalah tumbuhnya rasa cinta terhadap tanah air. Dunia pendidikan mengalami perubahan sesuai zamannya, salah satunya dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembalikan mata pembelajaran sejarah menjadi pelajaran yang digemari oleh peserta didik dengan cara mengelaborasikan pembelajaran dengan teknologi salah satunya dalam pemilihan media pembelajaran yang dalam hal ini adalah menggunakan aplikasi canva dalam pembuatan e-poster. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat mempengaruhi citra mata pelajaran terkait sehingga penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan zaman.

Biografi Penulis

Ahmad Ruslan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Diterbitkan

2024-07-12