PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Penulis

  • Sri Mulyati SMA Negeri 8 Palembang
  • Nurhayati Dina Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Apriana Apriana Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2493

Kata Kunci:

Peningkatan, Hasil Belajar, Aktifitas Siswa, Model Pembelajaran, Discovery Learning.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning di SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  yang dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 8 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa sumber, yakni siswa, guru dan teman sejawat serta kolaborator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan diskusi. Teknik analisis yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penarikan kesimpulan berarti pemberian makna pada data yang diperoleh dengan triangulasi, yaitu proses memastikan sesuatu dari berbagai sudut pandang. Analisis data dilakukan sejak data diperoleh dari hasil observasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah pada materi Proses Masuknya Bangsa Asing ke Indonesia dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif atau penguasaan konsep. Hal ini sesuai hasil belajar  pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Palembang dimana model pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning berlangsung dengan baik, terlebih peneliti mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga siswa merasa nyaman dan senang.

Referensi

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Pelajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Model-Model Media dan Strategi pembelajaran Konteksual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2018-12-01