PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO VLOG DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH

Penulis

  • Farena Adela Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani universitas PGRI Palembang
  • Dina Sri Nindiati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7154

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Project based learning, PBl, Sejarah

Abstrak

Model pembelajaran merupakan suatu struktur pembelajaran yang telah disusun, didesain, dan ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang diinginkan. Adapun masalah di dalam penelitian ini ialah adakah pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di UPT SMA Negeri 7 Banyuasin dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 15 orang sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian terbukti bahwa “ada pengaruh penerapan model project based learning berbasis video vlog dalam proses pembelajaran sejarahâ€. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83 sedangkan kelas kontrol 55, sehingga di dapat thitung =12.02 danttabel =1,701. Dengan ini dapat disimpulkan thitung>ttabel sehingga Hoditolak dan Ha diterima.

Biografi Penulis

Farena Adela, Universitas PGRI Palembang

Prodi Pendidikan Sejarah

Nur Ahyani, universitas PGRI Palembang

Prodi Pendidikan Sejarah

Dina Sri Nindiati, Universitas PGRI Palembang

Prodi pendidikan Sejarah

Referensi

Ahyani Nur. (2014). Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Sejarah. fkip.uns. Hal. 94.

Arikanto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Takhfir.

Riyanto,Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Penanda Media Group.

Sani, R. (2013). Pembelajaran Saintificuntuk Implemtasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Diterbitkan

2022-01-15