KOLEKSI MUSEUM dr. ADNAN KAPAU GANI PALEMBANG SEBAGAI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA METHODIST 3 PALEMBANG

Penulis

  • Olivia Dwi Saniyah Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh
  • Dina Sri Nindiati

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.8969

Kata Kunci:

Museum dr. Adnan Kapau Gani, Koleksi, Pembelajaran Sejarah

Abstrak

Museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis koleksi Museum dr. Adnan Kapau Gani Palembang sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Methodist 3 Palembang? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis koleksi Museum dr. Adnan Kapau Gani sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Methodist 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Pahlawan Nasional Mayor Jenderal TNI (Purn.) dr. Adnan Kapau Gani Palembang berdiri pada tahun 2004 dan dikelola oleh Yayasan Hj. R.A. Masturah Adnan Kapau Gani. Koleksi tersimpan di Museum dr. Adnan Kapau Gani yakni Bintang Jasa, Piagam, Surat-surat Keputusan, foto-foto perjuangan, souvenir, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, buku-buku referensi pribadi dan mobil Jeep Adnan Kapau Gani yang selalu dipakai pada masa peperangan dulu. Koleksi dan peradaban nilai kesejarahan dalam Museum dr. Adnan Kapau Gani dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sejarah kelas XI yang terdapat dalam Kompetensi Dasar 3.5 yaitu menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di SMA Methodist 3 Palembang

Referensi

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Gramedia.

Notosusanto, N. (2008). Mengerti Sejarah. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nugroho Notosusanto. (2009). Sejarah dan Hankam. Jakarta: Dephankam.

Pemuda, D.M. (2009). Sosok Pejuang Bangsa dr. Adnan Kapau Gani. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda.

Purnomo Akbar Setiady, H.U. (2014). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Saraswati, Ufi. (2009). Buku Ajar: Permuseuman. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Diterbitkan

2022-08-02