Sistem Bantu Tuna Netra Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Modul MP3 Berbasis Arduino Mega

Authors

  • Muhammad Hurairah Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • priagung wahyudi Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Eliza Eliza Program Studi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Aldi Pangestu Program Studi Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/ampere.v9i1.13250

Keywords:

tuna netra, alat bantu, ultrasonik, arduino, GPS, dan MP3

Abstract

Penyandang tuna netra biasanya menggunakan tongkat atau anjing terlatih untuk meningkatkan keamanan dan kemandiriannya. Namun, mereka sering mengalami kendala saat berjalan, seperti menghadapi parit, benda di depannya, dan kesulitan berkomunikasi dengan orang yang disayangi. Untuk itu, diperlukan sistem bantu berbasis sensor ultrasonik menggunakan Arduino Mega agar penyandang tuna netra lebih mudah beraktivitas, terutama saat berjalan kaki. Sistem ini bertujuan mendeteksi hambatan yang dihadapi penyandang tuna netra. Alat bantu ini berbentuk tongkat dengan komponen elektronik seperti Arduino sebagai pengontrol, sensor ultrasonik sebagai indikator jarak yang mengaktifkan buzzer saat ada halangan, motor vibrator, dan MP3. Motor vibrator akan bergetar dan MP3 akan berbunyi melalui speaker jika ada benda dekat. GPS digunakan untuk mengetahui posisi penyandang tuna netra yang dilacak melalui koordinat bujur dengan aplikasi Google Maps di smartphone. Tongkat ini mendeteksi hambatan pada jarak 1 meter dan memberikan sinyal bunyi pada jarak 50 cm serta sinyal getaran dan lokasi. Dengan alat bantu berbasis Arduino Mega ini, penyandang tuna netra sangat terbantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terutama saat berjalan kaki

References

S. A. U. D. Vicky Alvian Fergiyawan, “Alat Pemandu Jalan Untuk Penyandang Tunanetra Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Arduino,” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, pp. 55-60, 2018.

M. M. L. L. Akbar iskandar, “Sistem Keamanan Pintu Berbasis Arduino Mega,” Jurnal Informatika Upgris, vol. 3(2), pp. 99-104, 2017.

I. Suhada, “Alat Bantu Tunanetra Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Nano,” Politeknik Harapan Bersama Tegal, 2021.

K. Munzilin, “Perancangan Sistem Aktivasi Pengaman Sepeda Motor Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) E-KTP Serta GPS, Terintegrasi Telegram Berbasis Arduino,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2021.

R. Cakrawala Nusantara, “Rancang Bangun Alat Notifikasi Status Kredit Token KWH Meter Prabayar Berbasis Arduino Nano Atmega 328 dengan Komunikasi Modem GSM.,” Universitas Muhammadiyah Jember, 2018.

S. Ratna, “Air Mancur Otomatis Dengan Musik Berbasis Arduino,” Technologia : Jurnal Ilmiah, vol. 10 No. 4, p. 179, 2019.

A. A. Y. F. DIJ Sinaga, “Alat Bantu Tuna Netra Menggunakan Gps dan Metode Haar Cascaade,” Skripsi, 2020.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hurairah , M., priagung wahyudi, Eliza, E., & Pangestu, A. (2024). Sistem Bantu Tuna Netra Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Modul MP3 Berbasis Arduino Mega. Jurnal Ampere, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.31851/ampere.v9i1.13250