CCR PERFORMANCE AGAINST ILLUMINATION OF AIRCRAFT RUNWAY LIGHTS AT SULTAN THAHA AIRPORT JAMBI

Authors

  • Raden Ahmad Yani Palembang University
  • Eka Herta Julianda Palembang University
  • Dian Eka Putra Palembang University
  • Choirul Rizal Palembang University
  • Subianto Subianto Palembang University

DOI:

https://doi.org/10.31851/ampere.v7i2.9360

Keywords:

CCR (Constan Current Regulator), Kuat Penerangan, Landasan Pacu

Abstract

Keselamatan pengguna transfortasi sangat penting diperhatikan terutama pada dunia penerbangan konmersil, salah satu faktor pendukung keselamatan terletak pada landasan pacu pesawat terbang atau runway, pengunaan landasan pacu pesawat terbang bukan hanya pada siang hari tetapi juga pada malam hari, untuk pendaratan dan lepas landas pada malam hari diperlukan penerangan pada sisi landasan pacu, penelitian ini sangat penting dikarenakan  penerangan inilah yang menjadi acuan keselamatan penumpang dan transfortasi udara terutama untuk pendaratan pada malam hari dan pada cuaca yang buruk, untuk mempertahankan intensitas penerangan pada landasan pacu diperlukan CCR (Constan Current Regulator) terutama pada keadaan gelap dan berkabut, selain kinerja CCR kinerja kuat penerangan pada lampu landasan pacu perlu dievaluasi untuk keselamatan dan kenyamanan pendaratan pesawat terbang. Maka dari itu pada penelitian ini didapatkan intensitas penerangan tertinggi dengan nilai sebesar 177,1 lux dan arus listrik yang digunakan untuk penerangan landasan pacu pada CCR sebesar 6,6 ampere. 

Author Biographies

Raden Ahmad Yani, Palembang University

Electrical Engineering

Eka Herta Julianda, Palembang University

Electrical Engineering

Dian Eka Putra, Palembang University

Electrical Engineering

Choirul Rizal, Palembang University

Electrical Engineering

Subianto Subianto, Palembang University

Electrical Engineering

References

D. I. Bandar, U. Adi, and S. Solo, “(1) , (2) , (3),†no. 1, pp. 69–78.

A. Panjaitan, A. Sahputra, and S. Syafriwel, “Analisis Sistem Constant Current Regulator pada Lampu Precision Approach Path Indikator di Bandara Udara,†Edu Elektr. J., vol. 9, no. 2, pp. 31–35, 2020, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel/article/view/42372.

KP 39, “Standar Teknis dan Operasi Peraturan Keselamatan Sipil - Bagian 139 (Manual Of Standard CASR - Part 139) Volume 1 Bandar Udara (Aerodromes),†Peratur. Direktur Jenderal Perhub. Udar., vol. I, p. 534, 2015.

H. N. Jamilah, T. Tohir, and R. Adrian, “Perancangan Ulang Instalasi Listrik Penerangan Laboratorium Mesin SMK 2 Perkasa,†Pros. 12th Ind. Res. Work. Natl. Semin., pp. 168–174, 2021.

A. Hardin, R. Gianto, T. Pontia W, and Universitas Tanjungpura Pontianak, “Studi Perencanaan Kebutuhan Instalasi Listrik di Rumah Sakit Umum Daerah dr . Rubini Mempawah,†2016.

P. A. Dermawan, “Studi Evaluasi Perencanaan Instalasi Penerangan Hotel Neo By Aston Pontianak,†J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 2, no. 1, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/21514.

B. S. Nasional, “Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 ( PUIL 2011 ) Amandemen 1, 4, 5, 6,†DirJen Ketenagalistrikan, vol. 2011, no. Puil, 2011.

Luciana Kristanto, “PENELITIAN TERHADAP KUAT PENERANGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN ANGKA REFLEKTANSI WARNA DINDING: Studi Kasus Ruang Kelas Unika Widya Mandala Surabaya,†Dimens. (Jurnal Tek. Arsitektur), vol. 32, no. 1, 2004, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/16178.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Yani, R. A., Julianda, E. H., Putra, D. E., Rizal, C., & Subianto, S. (2022). CCR PERFORMANCE AGAINST ILLUMINATION OF AIRCRAFT RUNWAY LIGHTS AT SULTAN THAHA AIRPORT JAMBI. Jurnal Ampere, 7(2), 116–122. https://doi.org/10.31851/ampere.v7i2.9360