Sosialisasi Edpuzzle Sebagai Sumber Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.10936Abstract
Teknologi sebagai media pembelajaran semakin berkembang seiring dengan perubahan zaman, Pemanfaatan multimedia sebagai sumber pembelajaran interaktif menjadi sebuah keharusan yang harus dikuasai oleh seorang Guru pada era teknologi informasi dan komunikasi. Sekolah Menengah Atas (SMA) Budhi Luhur Pekanbaru adalah sekolah mitra dari kegiatan pengabdian ini merupakan sekolah setingkat menengah atas yang melakukan menerapkan metode hybrid learning dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung proses belajar ini, kepala sekolah menyatakan bahwa integrasi teknologi informasi dan komunikasi atau pemanfaatan media digital dalam aktivitas belajar masih sangat mendominasi. Menurut informasi dari beberapa guru, digitalisasi proses pembelajaran yang mereka terapkan seringkali tidak maksimal akibat kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Hal ini disebabkan oleh kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah mitra saat ini masih dilakukan secara konvensional, guru seringkali berbagi (sharing) ringkasan materi dan tugas di grup media social. Dengan kata lain, guru masih belum mampu mengendalikan seluruh proses pembelajaran berbasis multimedia secara penuh. Menurut pengakuan kepala sekolah, keadaan ini terjadi karena minimnya pelatihan pengembangan learning management system yang diikuti oleh guru di sekolah. Pelatihan yang diadakan oleh penyelenggara kebijakan seringkali hanya dapat diikuti oleh satu guru saja dari tiap-tiap sekolah. Mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah menawarkan sebuah solusi berupa sosialisasi Sosialisasi Multimedia sebagai Sumber Pembelajaran Interaktif di Sekolah SMA Budi Luhur Pekanbaru. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara tatap muka dan dihadiri oleh 9 peserta, yakni Guru-guru SMA Budhi Luhur. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah adanya kerja sama, karya ilmiah berupa artikel yang akan diterbitkan pada media massa dan jurnal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Destina Kasriyati, Refika Andriani, Herdi Herdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works