Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MTsN

Authors

  • Amruddin Amruddin Universitas Islam Nusantara
  • Huges Huges Universitas Islam Nusantara
  • Gunawan Gunawan Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Maki Universitas Islam Nusantara
  • Muhidin Arifin Universitas Islam Nusantara
  • Ade Tutty R Rosa Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.10976

Abstract

Supervisi adalah aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru MTsN 1 Kota Palangkaraya untuk menigkatkan kompeensi pedagogik. Hasil dari pengabdian ini adalah (1) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah membantu guru dan tenaga kependidikan mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu. (2) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah membantu pemahaman bagaimana memonitor kegiatan proses belajar mengajar di madrasah dan (3) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah berhasil mendorong guru dan tenaga kependidikan menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas sendiri, serta mendorong guru dan tenaga kependidikan lebih perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Downloads

Published

2023-01-27 — Updated on 2023-01-28