Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MTsN
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.10976Abstract
Supervisi adalah aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru MTsN 1 Kota Palangkaraya untuk menigkatkan kompeensi pedagogik. Hasil dari pengabdian ini adalah (1) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah membantu guru dan tenaga kependidikan mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu. (2) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah membantu pemahaman bagaimana memonitor kegiatan proses belajar mengajar di madrasah dan (3) Pelatihan dan Simulasi Supervisi akademik yang telah dilakukan telah berhasil mendorong guru dan tenaga kependidikan menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas sendiri, serta mendorong guru dan tenaga kependidikan lebih perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggung jawabnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amruddin Amruddin, Huges Huges, Gunawan Gunawan, Ahmad Maki, Muhidin Arifin, Ade Tutty R Rosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works