Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Di SMP Negeri 1 Sembawa

Authors

  • Darwin Effendi Departement of Education Indonesian, Universitas PGRI Palembang
  • Massagus Firdaus Universitas PGRI Palembang
  • Tahrun Tahrun Universitas PGRI Palembang
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang
  • Sri Wahyu Indrawati Universitas PGRI Palembang
  • Emawati Emawati Universitas PGRI Palembang
  • Artanti Puspita Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11142

Abstract

Perkembangan dunia Pendidikan mengharuskan seorang guru mampu membuat karya ilmiah. Salah satu karya ilmiah yang disarankan untuk meningkatkan      kualitas guru dan kualitas pembelajaran adalah penulisan artikel ilmiah. Seorang guru agar menjadi guru yang profesional berarti guru tersebut  harus selalu melaksanakan penelitian dan pembuatan artikel ilmiah. Tema pelatihan ini adalah Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru di SMPN 1 Sembawa Banyuasin. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, serta demonstrasi menulis artikel ilmiah dan mencari jurnal terakreditasi Sinta. Berdasarkan hasil pengamatan, peserta pelatihan tampak antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta  pelatihan kepada pemateri sebagai bentuk ketertarikan mereka terhadap Penulisan Artikel Ilmiah. Penulisan artikel ilmiah ini sangat berguna bagi guru-guru untuk mengurus kepangkatan ke golongan yang lebih tinggi.

Author Biography

Darwin Effendi, Departement of Education Indonesian, Universitas PGRI Palembang

SINTA ID : 6196427

Downloads

Published

2023-05-30