Pelatihan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Teknik CRI Dalam Pembelajaran Hybrid Learning

Authors

  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Rizkizaputra Rizkizaputra Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11440

Abstract

Pembelajaran Hybrid Learning telah menjadi alternative dalam menghadapi kejenuhan berlajar pada musim pandemic yang telah menurun garfik penyebarannya. Namun tetap menjalankan kewaspadaan dan protocol kesehatan dalam penyebarannya. Sekolah yang menerapkan pembelajaran hybrid learning adalah SMA Budhi Luhur di kota Pekanbaru. SMA Budhi Luhur adalah salah satu sekolah tingkat Tas swasta adalah salah satu tempat lokasi mitra pengabdian dosen prodi Pendidikan Biologi FKIP UNILAK.  Jarak lokasi dengan tempat tinggal tim pengabdi yang dekat dengan lokasi mitra menjadi dasar untuk pengabdian dilaksanakan pada lokasi tersebut. Mitra pengabdian tersebut mitra pengetahuan guru masih kurang dalam mengevaluasi proses pembelajaran hybrid learning yang diterapkan, khusunya identifikasi miskonsepsi siswa sebagai hasil belajar. Evaluasi belajar yang biasa dilakukan guru belum bisa mengungkap siswa yang paham konsep, tidak paham konsep atau miskonsepsi. Selain itu kurangnya pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital belajar untuk melkasanakan evalsui hasil belajar.Oleh sebab itu perlu  guru merasa perlu untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital belajar google form untuk identifikasi miskonsepsi yang muncul dari hasil belajar hybrid learning. Pelatihan ini dapat diikuti oleh semua guru mata pelajaran. Pada tahap awal guru diperkenalkan dengan alat evaluasi google form, dengan melakukan presentsi materi. Kemudian guru melakukan pelatihan penyusunan alat evaluasi belajar hasil belajr berupa identifikasi miskonsepsi serta cara pengolahan data hasil belajar siswa dengan teknik CRI. Diharapkan pelatihan dapat memberikan keterampilan bagi guru untuk menggunakan teknologi digital berupa google form untuk identifikasi miskonsepsi dalam pembelajaran Hybrid Learning yang diterapkan sekolah.  Dengan pelatihan ini guru diharapkan dapat melakukan tindak lanjut dari hasil belajar siswa yang telah diketahui miskonsepsi, tidak paham dan telah paham konsep.

Kata kunci: Teknik CRI, miskonsepsi, hybrid learning

Downloads

Published

2023-04-14