Pelatihan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Teknik CRI Dalam Pembelajaran Hybrid Learning
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11440Abstract
Pembelajaran Hybrid Learning telah menjadi alternative dalam menghadapi kejenuhan berlajar pada musim pandemic yang telah menurun garfik penyebarannya. Namun tetap menjalankan kewaspadaan dan protocol kesehatan dalam penyebarannya. Sekolah yang menerapkan pembelajaran hybrid learning adalah SMA Budhi Luhur di kota Pekanbaru. SMA Budhi Luhur adalah salah satu sekolah tingkat Tas swasta adalah salah satu tempat lokasi mitra pengabdian dosen prodi Pendidikan Biologi FKIP UNILAK. Jarak lokasi dengan tempat tinggal tim pengabdi yang dekat dengan lokasi mitra menjadi dasar untuk pengabdian dilaksanakan pada lokasi tersebut. Mitra pengabdian tersebut mitra pengetahuan guru masih kurang dalam mengevaluasi proses pembelajaran hybrid learning yang diterapkan, khusunya identifikasi miskonsepsi siswa sebagai hasil belajar. Evaluasi belajar yang biasa dilakukan guru belum bisa mengungkap siswa yang paham konsep, tidak paham konsep atau miskonsepsi. Selain itu kurangnya pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital belajar untuk melkasanakan evalsui hasil belajar.Oleh sebab itu perlu guru merasa perlu untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital belajar google form untuk identifikasi miskonsepsi yang muncul dari hasil belajar hybrid learning. Pelatihan ini dapat diikuti oleh semua guru mata pelajaran. Pada tahap awal guru diperkenalkan dengan alat evaluasi google form, dengan melakukan presentsi materi. Kemudian guru melakukan pelatihan penyusunan alat evaluasi belajar hasil belajr berupa identifikasi miskonsepsi serta cara pengolahan data hasil belajar siswa dengan teknik CRI. Diharapkan pelatihan dapat memberikan keterampilan bagi guru untuk menggunakan teknologi digital berupa google form untuk identifikasi miskonsepsi dalam pembelajaran Hybrid Learning yang diterapkan sekolah. Dengan pelatihan ini guru diharapkan dapat melakukan tindak lanjut dari hasil belajar siswa yang telah diketahui miskonsepsi, tidak paham dan telah paham konsep.
Kata kunci: Teknik CRI, miskonsepsi, hybrid learning
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mar'atul Afidah afidah, Sri Wahyuni, Rizkizaputra Rizkizaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works