Penguatan Kapasitas Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar)
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11488Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui implementasi Kurikulum Merdeka menjadi perhatian banyak pihak. Implementasi ini memerlukan kesiapan dan kapasitas guru dalam mengembangkan keterampilan siswa sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan kapasitas guru pada implementasi Kurikulum Merdeka di daerah 3T(Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), khususnya di Desa Jerol, Kabupaten Kepulauan Aru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini adalah 6 guru Sekolah Dasar di Jerol. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kapasitas guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penguatan kapasitas guru dapat dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan profesional, mentoring, dan kolaborasi antara guru dengan sesama guru dan pengambil kebijakan pendidikan. Kesimpulannya, penguatan kapasitas guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan dukungan yang memadai dari pengambil kebijakan pendidikan untuk memfasilitasi pelatihan dan pengembangan profesional, mentoring, dan kolaborasi antara guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sumarah Suryaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works