Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Guru SMAN 1 SS III Dan SMA YP Yaqli Oku Timur

Authors

  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang
  • Hikmah Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Agung Mahendra Universitas PGRI Palembang
  • Puput Sekar Sari Universitas PGRI Palembang
  • Siti Ayu Risma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Widya Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Jujur Gunawan Manullang Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11597

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi menuntut guru untuk memahami siswa
secara terus menerus membangun kesadaran tentang kekuatan dan kelemahan
murid, mengamati, menilai kebugaran, minat, dan preferensi belajarnya. Selain itu
guru juga harus menggunakan semua preferensi tentang bagaimana siswa
mendemonstrasikan preferensi belajarnya (terkait isi, proses, produk dan
lingkungan belajar). Sehingga ketika guru terus belajar tentang keberagaman
potensi muridnya, maka pembelajaran yang profesional, efektif, dan efektif akan
terwujud. pembelajaran berdiferensiasi adalah menciptakan kelas yang memiliki
keragaman dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk meraih konten,
memproses ide dan meningkatkan hasil belajar setiap siswa agar dapat
belajar lebih efektif lagi. Dengan demikian, inti dari pembelajaran berdiferensiasi
adalah pembelajaran yang memfasilitasi semua perbedaan yang dimiliki siswa
secara terbuka dengan kebutuhan-kebutuhan yang akan dicapai oleh siswa. tujuan
dari kegitan PkM ini adalah untuk melatih Guru Sekolah Menengah Atas (SMA)
dapat membuat modul pembelajaran pembelajaran berdifrensiasi. Dalam melaksanakan
kegiatan pelatihan ini metode yang kami lakukan adalah metode dan
pendampingan

Downloads

Published

2023-05-30