Pelatihan Public Speaking Bagi Siswa SMA Kristen Mercusuar Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.11782Abstract
Persoalan utama ketika orang berbicara di depan umum adalah rasa takut dan tidak percaya diri. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja terutama siswa dalam proses belajar di sekolah. Analisis situasi tim PKM pada siswa SMA Mercusuar menemukan adanya masalah ketika siswa berbicara di depan umum. Tujuan pelatihan ini untuk melatih siswa berbicara di depan umum. Public speaking merupakan komunikasi lisan berupa ceramah, presentasi, pidato, mempimpin sebuah acara, pembawa acara, moderator, presenter, penyiar, host, dan sebagainya. Dalam melaksanakan kegiatan ini tim PKM melakukan tahap perencanaan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan meliputi survei, wawancara, dan observasi pada sekolah. Sedangkan tahap pelaksanaan meliputi pelatihan, pemberian materi, praktek dan post test. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa Mercusuar dapat mempraktekkan teknik dasar public speaking mulai dari perkenalan dan ice breaking, experiential learning, merangkai kata penuh makna, melatih performance dalam public speaking, sum-up session dan closing. Hasil pelatihan juga menunjukkan siswa yang mempunyai pengetahuan baik tentang public speaking sebanyak 18 orang (80%). Sedangkan siswa yang mempunyai pengetahuan cukup sebanyak 2 orang (20%). Ada perubahan pengetahuan siswa tentang public speaking yang signifikan.
Kata Kunci: pelatihan, public speaking, siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veki Tuhana, Aloysius Liliweri, Silvania S.E. Mandaru, Juan A. Nafie, Vania Bunga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works