Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Olahraga Tingkat Sekolah Dasar Melalui Wrokshop Pengembangan Kids’ Athletics
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.12184Abstract
Kualitas dari pengajaran yang dilakukan pada satuan penddidikan dipengaruhi oleh kompetensi profesional seorang guru. Semakin baik kompetensi yang dimiliki oleh guru maka akan semakin baik pula proses pembelajaran dalam suatu kelas. Namun, dilema di lapangan belum sepenuhnya komptensi profesional dimiliki oleh guru. Melalui kegiatan pengabdian ini bermaksud untuk memfasilitasi guru-guru pendidikan jasmani tingkat sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sukaraja untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kegiatan pengabdian melalui workshop pengembangan kid atletik diharapkan dapat menjembatani guru dalam mengembangkan materi atletik sehingga proses pembelajaran atletik menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Kegiatan pengabdian diikuti oleh sebanyak 20 guru olahraga tingkat sekolah dasar. Untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan ini maka digunakan instrumen berupa tes tertulis. Data dianaliasis secara kuantitatif dengan menggunakan nilai rerata dan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata kompetensi guru olahraga sebelum mengikuti kegiatan dan setelah mengikuti kegiatan pengabdian. Dapat disimpulkan bahwa melalui workshop pengembangan kid athletics dapat meningkatkan kompetensi profesional guru olahraga tingkat sekolah dasar di Kecamatan Sukaraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yahya, Arwin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works