Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Olahraga Tingkat Sekolah Dasar Melalui Wrokshop Pengembangan Kids’ Athletics

Authors

  • Yahya Eko Nopiyanto Universitas Bengkulu
  • Arwin Arwin

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i1.12184

Abstract

Kualitas dari pengajaran yang dilakukan pada satuan penddidikan dipengaruhi oleh kompetensi profesional seorang guru. Semakin baik kompetensi yang dimiliki oleh guru maka akan semakin baik pula proses pembelajaran dalam suatu kelas. Namun, dilema di lapangan belum sepenuhnya komptensi profesional dimiliki oleh guru. Melalui kegiatan pengabdian ini bermaksud untuk memfasilitasi guru-guru pendidikan jasmani tingkat sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sukaraja untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kegiatan pengabdian melalui workshop pengembangan kid atletik diharapkan dapat menjembatani guru dalam mengembangkan materi atletik sehingga proses pembelajaran atletik menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Kegiatan pengabdian diikuti oleh sebanyak 20 guru olahraga tingkat sekolah dasar. Untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan ini maka digunakan instrumen berupa tes tertulis. Data dianaliasis secara kuantitatif dengan menggunakan nilai rerata dan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata kompetensi guru olahraga sebelum mengikuti kegiatan dan setelah mengikuti kegiatan pengabdian. Dapat disimpulkan bahwa melalui workshop pengembangan kid athletics dapat meningkatkan kompetensi profesional guru olahraga tingkat sekolah dasar di Kecamatan Sukaraja. 

Downloads

Published

2023-05-30