Pendampingan Pemanfaatan Media Quizizz dalam Pembelajaran Bagi Guru SMP di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Authors

  • Uwes Anis Chaeruman Universitas Negeri Jakarta
  • Mita Septiani Universitas Negeri Jakarta
  • Dian Ilmiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Khairani Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran intrakurikuler menekankan pada capaian pembelajaran dan penguatan terhadap profil pelajar pancasila. Dalam pembelajaran, guru diberikan keleluasaan dalam Implementasi kurikulum merdeka masih mengalami banyak tantangan dan kendala khususnya dalam pemanfaatan media ajar berbasis teknologi berupa minimnya pemahaman tentang konsep desain pembelajaran serta kurangnya kemampuan dan kreativitas guru dalam pemanfaatan dan/atau pembuatan media pembelajaran yang menarik. Tujuan pengabdian ini adalah memberi pembekalan dan pendampingan tentang pemanfaatan media ajar berbasis teknologi yang menarik berupa Quizizz kepada guru SMP di kecamatan Sukamakmur, kab Bogor Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama 3 (tiga tahun). Pada tahun pertama, metode pelaksanaan PKM meliputi tahap persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif kegiatan, rencana aksi, pelaksanaan, evaluasi dan terminasi. Kegiatan PKM pada tahun pertama ini menekankan pada pengenalan konsep quizizz dan proses pendampingan pengenalan dasar media quizizz dalam implementasi kurikulum merdeka di dalam kelas. Berdasarkan pengamatan dan hasil evaluasi, peserta menunjukkan sikap antusias dan memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap media quizizz, LKPD yang dikembangkan memotivasi peserta untuk mencoba menggunakan media quizizz dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil pembelajaran.

References

Degirmenci, R. “The use of Quizizz in language learning and teaching from the teachers’ and students’ perspectives: A literature review.” Lang. Educ. Technol (2021): 1–11.

Mujab, S and Gumelar, W. S. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) vol 5 (2023): 1538–1545

Nawawi, M. I. “Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2) (2023): 197–210.

Sunarni, S., and Karyono, H. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Journal on Education, 5(2) (2023): 1613-1620.

Suryaman, M., Akbar, F., and Salsabila. “English education students as pre-service English teachers’ perception on Quizizz: Considering mall utilization as a pedagogical tool.” Indones. Technol. Enhanc. Lang. Learn (2020): 139–142.

Susiani and Ika Wahyu. “Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo.” Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, [S.l.], p. 296-306 ( November. 2022) : ISSN 2656-7229.

Susilowati, E. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1 (2022): 115-132.

Downloads

Published

2023-11-24