Meningkatkan Pengetahuan Petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu Melalui Workshop Sport Search

Authors

  • Yahya Eko Nopiyanto Universitas Bengkulu
  • Diah Ayu Aguspa Dita Universitas Bengkulu
  • Dian Pujianto Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13081

Abstract

Program pembinaan olahraga dan kesehatan merupakan fondasi utama untuk mampu mewujudkan anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang sehat secara jasmani dan mental. Namun, untuk mewujudkan program tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemberdayaan terhadap Andikpas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu. Berdasarkan kajian analisis situasi dan permasalahan mitra diketahui pokok permasalahan menjadi fokus dalam kegiatan ini yaitu belum optimalnya program pembinaan olahraga disebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan petugas dalam menyusun program minat dan bakat olahraga. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah 91 andikpas dan 10 Wadik LPKA Kelas II Bengkulu. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2023 LPKA Kelas II Bengkulu. Metode Community Based Participatory Research. Langkah-langkah yang diterapkan dengan metode CBPR adalah membangun komitmen, perencanaan, pengumpulan informasi, aksi, monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan mitra dari 40% menjadi 80%, dan peningkatan keterampilan mitra dari 50% menjadi 80%. Selain itu, melalui kegiatan ini dihasilkan profil potensi olahraga andikpas. Sebanyak 32 andikpas memiliki kategori sangat potensial, 46 andikpas memiliki kategori potensial, dan sebanyak 21 andikpas memiliki kategori cukup potensial. Dari hasil kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini efektif dan memberikan dampak positif bagi mitra.

Downloads

Published

2023-10-21