Meningkatkan Pengetahuan Petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu Melalui Workshop Sport Search
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13081Abstract
Program pembinaan olahraga dan kesehatan merupakan fondasi utama untuk mampu mewujudkan anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang sehat secara jasmani dan mental. Namun, untuk mewujudkan program tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemberdayaan terhadap Andikpas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu. Berdasarkan kajian analisis situasi dan permasalahan mitra diketahui pokok permasalahan menjadi fokus dalam kegiatan ini yaitu belum optimalnya program pembinaan olahraga disebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan petugas dalam menyusun program minat dan bakat olahraga. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah 91 andikpas dan 10 Wadik LPKA Kelas II Bengkulu. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2023 LPKA Kelas II Bengkulu. Metode Community Based Participatory Research. Langkah-langkah yang diterapkan dengan metode CBPR adalah membangun komitmen, perencanaan, pengumpulan informasi, aksi, monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan mitra dari 40% menjadi 80%, dan peningkatan keterampilan mitra dari 50% menjadi 80%. Selain itu, melalui kegiatan ini dihasilkan profil potensi olahraga andikpas. Sebanyak 32 andikpas memiliki kategori sangat potensial, 46 andikpas memiliki kategori potensial, dan sebanyak 21 andikpas memiliki kategori cukup potensial. Dari hasil kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini efektif dan memberikan dampak positif bagi mitra.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yahya Eko Nopiyanto, Diah Ayu Aguspa Dita, Dian Pujianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works