Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Bagi Dosen Program Studi Seni Pertunjukan di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13151Abstract
Era pandemi covid-19 merubah peradaban yang terjadi di berbagai lingkup termasuk pendidikan. Evaluasi pembelajaran menjadi salah satu yang berdampak, karena adanya perubahan kebiasaan dalam melakukan evaluasi dari semula manual menuju sistem komputerisasi. Pelatihan bagi dosen dengan Sistem Bank Soal Uji Kompetensi (SIBUK) berbasis website yang dijalankan dengan local host oflline serta pelaksanaan ujian dengan menggunakan google form menjadi fasilitas dan pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada proses pembelajaran daring. Pelatihan ini juga memunculkan dampka kreatif bagi dosen karena kebijakan Rektor Universitas Tanjungpura yang menginginkan kegiatan pembelajaran dan evaluasinya tetap berjalan semestinya. Metode pelatihan evaluasi pembelajaran berbasis website ini dilakukan dengan tiga cara yaitu pengenalan google form secara ceramah, pelaksanaan evaluasi pembelejaran menggunakan google form pada masing-masing data kuliah secara demonstrasi, dan simulasi serta penerapan evaluasi pembelajaran secara praktik. Hasil pelatihan menunjukan bahwa 9 dosen Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan dapat mengimplementasikan pembuatan evaluasi pembelajaran dengan google form, sehingga hal ini dapat mengoptimalkan bagi dosen untuk menerapkan evaluasi pembelajaran di setiap masing-masing mata kuliah yang diampu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zakarias Aria Widyatama Putra, Imam Ghozali, Mastri Dihita Sagala, Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih, Mega Cantik Putri Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works