Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pengembangan Pariwisata Olahraga dan Pangan Berbasis Community Based Tourism

Authors

  • Hezron Alhim Dos santos Universitas Negeri Makassar
  • satriadi Universitas Negeri Makassar
  • Yasin, Yade Kurnia Universitas Negeri Makassar
  • Maria Herlinda Dos Santos Universitas Muhammadiyah Bone
  • Merianti Ansar Universitas Negeri Makassar
  • Andi Nur Aisyah Universitas Negeri Makassar
  • Andi Syahrul Aksa Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pariwisata olahraga hadir memberikan nilai tambah bagi unsur intrinsik maupun ekstrinsik dari destinasi di suatu daerah yang berimplikasi pada peningkatan jumlah pengunjung. Desa Loka, yang terletak di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jenneponto, Sulawesi Selatan memiliki potensi destinasi pariwisata olahraga yang tersebar di 8 (delapan) Dusun. Potensi Desa Loka untuk menjadi kawasan wisata khususnya pariswisata olahraga sangatlah besar namun belum dikembangkan oleh masyarakat setempat dikarenakan pengetahuan akan pengelolaan destinasi wisata masih sangat kurang karena tidak didukung oleh sumber daya manusianya. Tujuan dari pengabdian ini untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat Desa Loka dengan topik kajian Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan Pariwisata Olahraga dan Pangan Berbasis Community Based Tourism di Desa Loka, Jenneponto. Memberikan edukasi tentang konsep desa wisata, memberikan konsep wisata olahraga, serta sosialisasi peraturan terkait pengembangan pariwisata di desa Loka. Kesimpulan dari program kemitraan ini adalah masyarakat menyambut dengan baik semua kegiatan sehingga memberikan dampak yang baik desa loka, mulai dari pengembangan desa wisata, Pengembangan Pariwisata Olahraga dan Pangan Berbasis Community Based Tourism, pengembangan pangan khas Desa Loka dan keterampilan dalam menggunakan media sosial untuk promosi dan pemasaran sektor pariwisata desa yang diwujudkan melalui Website Desa Loka,  Instagram dan Channel Youtube Desa Loka.

References

Bayraktaroğlu, E., & Kozak, N. (2022). Intrinsic and extrinsic values of destinations. European Journal of Tourism Research, 31(2022), 1–31. https://doi.org/10.54055/ejtr.v31i.1948

Chahyono, C., Tompo, N., & Manaf, M. (2022). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA WISATA PANTAI BERBASIS EDUKASI DI DESA WIRING TASI KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 7, pp. 589–595).

Columbia, D. B. (2013). Sport tourism: The essential guide to understanding and developing sport tourism in BC. Destination British Columbia Corp: Vancouver, BC, Canada.

Dangi, T. B., & Jamal, T. (2016). An integrated approach to “sustainable community-based tourism.” Sustainability (Switzerland), 8(5). https://doi.org/10.3390/su8050475

Dolezal, C., & Novelli, M. (2022). Power in community-based tourism: empowerment and partnership in Bali. Journal of Sustainable Tourism, 30(10), 2352–2370.

Khasanah, S. I., Istiyanto, J., Muhammad, S. N., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Fotografi Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Dokumentasi di Desa Wisata Ngerangan. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9–17.

Mantu, Y. H. (2019). Peluang Potensi Wisata Olahraga dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Of S.P.O.R.T, 3(2), 70–78.

Permatasari, D. N. C. (2022). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 2(1), 9–22.

Sudiana, I. K. (2018). Jurnal IKA | 55 Dampak Olahraga Wisata Bagi Masyarakat. Journal IKA, 16(1), 55–66.

Yanes, A., Zielinski, S., Cano, M. D., & Kim, S. Il. (2019). Community-based tourism in developing countries: A framework for policy evaluation. Sustainability (Switzerland), 11(9), 1–23. https://doi.org/10.3390/su11092506

Downloads

Published

2023-11-24