Pelatihan Penciptaan Tari Anak Bagi Guru Seni Budaya SD Dan SMP di Kabupaten Kayong Utara
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13576Abstract
Pelatihan penciptaan tari anak bagi guru seni budaya SD dan SMP di Kabupaten Kayong Utara menjadi hal yang penting mengingat kurangnya pelatihan penciptaan tari anak khususnya dalam pembelajaran seni budaya. Tari anak menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh para guru seni budaya, karena mengingat sifat dan kemampuan anak dalam bergerak akan memiliki perbedaan dikarenakan perkembangan kemampuan motorik kasar dan halusnya. Metode pelaksanaan PKM memiliki tahapan-tahapan yaitu persiapan dengan berkoordinasi dengan mitra, tahap pelaksanaan menyampaikan materi tari anak, tahap mempraktikan tari anak, dan tahap pendemonstrasian peserta akan hasil ciptaan tarinya. . Hasil yang diperoleh dalam PKM ini yaitu peserta memiliki kemampuan dalam menciptakan tari anak. Meningkatkan wawasan peserta didik mengenai elemen-elemen komposisi taru, tahap eksplorasi,improvisasi, evaluasi gerak hingga menjadikan 1 karya tari yang utuh guna dijadikan referensi menari kedepannya. Pelatihan penciptaan tari anak bagi guru SD dan SMP di Kayong Utara sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura membuahkan hasil kerjasama antar pelaksana dan mitra.
References
Adawiyah, A. R., & Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan Tari Kreasi sebagai Bentuk Apresiasi Seni Tari. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1051
Alfiyanto. (2022). Cara Mencari Daya: Metode Literasi Tubuh Wajiwa dalam Tari Kontemporer Anak-Anak. Makalangan, 9(1).
Delia,Afri Sonya. (2020). Rancangan Tari Kreasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi. Vol.4.NO2. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.570
Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2021). PELATIHAN SENI TARI PADA SISWA PASRAMAN SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI KEBUDAYAAN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4428
Mulyani, N. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas dan Rineka Cipta
Nusir, L. (2019). KEMAMPUAN MOTORIK SEBAGAI PONDASI UTAMA DALAM PEMBELAJARAN TARI ANAK USIA DINI. Mau’izhah, 9(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.17
Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082
Rodliyah, S., Sundari, R. S., & Arisyanto, P. (2020). Analisis Kegiatan Belajar Seni Tari Anak-Anak Desa Sendangagung Pada Masa Pandemi Covid- 19. MAJALAH LONTAR, 32(2). https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7169
Sari, A. T. R., & Wahyudi. (2021). Cipta Karya Seni Tari Anak Sekolah Dasar Berpijak Pada Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16302
Siswantari, H. (2021). Pelatihan Kreativitas Gerak Tari dengan Tema Lingkungan bagi Guru PAUD. Jurnal Abdidas, 2(2). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.255
Sunaryo, A., Masunah, J., Narawati, T., & Nugraheni, T. (2020). Gerak Relationship Pada Permainan Anak Sunda Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi Tari Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.499
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.
Syofia, N., & Suharti, S. (2017). PELATIHAN SENI TARI DAN MUSIK SEBAGAI MEDIA TERAPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASASILAING BAWAH KOTA PADANGPANJANG. Batoboh, 1(1). https://doi.org/10.26887/bt.v1i1.139
Widiyanti, Dini. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Lenggang Raflesia. http.//ejournal.iainbengkulu.ac.id (diakses tanggal 19 desember 2018 pukul 21:34) Vol.1 no 2 januari 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Oktariani, Ismunandar Ismunandar, Regaria Tindarika, Mega Cantik Putri Aditya, Aline Rizky Oktaviari, Imma Fretisari, Imam Ghozali, Nurmila Sari Djau, Yudhistira Oscar Olendo, Zakarias Aria Widyatama P, Asfar Munir, Christianly Y, Silaban Silaban, Mastri Dihita Sagala, Deplo Supoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works