Pelatihan Penciptaan Tari Anak Bagi Guru Seni Budaya SD Dan SMP di Kabupaten Kayong Utara

Authors

  • Dwi Oktariani Universitas Tanjungpura
  • Ismunandar Ismunandar Universitas Tanjungpura
  • Regaria Tindarika Universitas Tanjungpura
  • Mega Cantik Putri Aditya Universitas Tanjungpura
  • Aline Rizky Oktaviari Universitas Tanjungpura
  • Imma Fretisari Universitas Tanjungpura
  • Imam Ghozali Universitas Tanjungpura
  • Nurmila Sari Djau Universitas Tanjungpura
  • Yudhistira Oscar Olendo Universitas Tanjungpura
  • Zakarias Aria Widyatama P Universitas Tanjungpura
  • Asfar Munir Universitas Tanjungpura
  • Christianly Y Universitas Tanjungpura
  • Egi Putri Grandena Universitas Tanjungpura
  • Mastri Dihita Sagala Universitas Tanjungpura
  • Deplo Supoyo Universitas Tanjungpura

Abstract

Pelatihan penciptaan tari anak bagi guru seni budaya SD dan SMP di Kabupaten Kayong Utara menjadi hal yang penting mengingat kurangnya pelatihan penciptaan tari anak khususnya  dalam pembelajaran seni budaya. Tari anak menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh para guru seni budaya, karena mengingat sifat dan kemampuan anak dalam bergerak akan memiliki perbedaan dikarenakan perkembangan kemampuan motorik kasar dan halusnya. Metode pelaksanaan PKM memiliki tahapan-tahapan yaitu persiapan dengan berkoordinasi dengan mitra, tahap pelaksanaan menyampaikan materi tari anak, tahap mempraktikan tari anak, dan tahap pendemonstrasian peserta akan hasil ciptaan tarinya.  . Hasil yang diperoleh dalam PKM ini yaitu peserta memiliki kemampuan dalam menciptakan tari anak. Meningkatkan wawasan peserta didik mengenai elemen-elemen komposisi taru, tahap eksplorasi,improvisasi, evaluasi gerak hingga menjadikan 1 karya tari yang utuh guna dijadikan referensi menari kedepannya. Pelatihan penciptaan tari anak bagi guru SD dan SMP di Kayong Utara sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura membuahkan hasil kerjasama antar pelaksana dan mitra.

References

Adawiyah, A. R., & Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan Tari Kreasi sebagai Bentuk Apresiasi Seni Tari. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1051

Alfiyanto. (2022). Cara Mencari Daya: Metode Literasi Tubuh Wajiwa dalam Tari Kontemporer Anak-Anak. Makalangan, 9(1).

Delia,Afri Sonya. (2020). Rancangan Tari Kreasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi. Vol.4.NO2. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.570

Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2021). PELATIHAN SENI TARI PADA SISWA PASRAMAN SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI KEBUDAYAAN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4428

Mulyani, N. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas dan Rineka Cipta

Nusir, L. (2019). KEMAMPUAN MOTORIK SEBAGAI PONDASI UTAMA DALAM PEMBELAJARAN TARI ANAK USIA DINI. Mau’izhah, 9(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.17

Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082

Rodliyah, S., Sundari, R. S., & Arisyanto, P. (2020). Analisis Kegiatan Belajar Seni Tari Anak-Anak Desa Sendangagung Pada Masa Pandemi Covid- 19. MAJALAH LONTAR, 32(2). https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7169

Sari, A. T. R., & Wahyudi. (2021). Cipta Karya Seni Tari Anak Sekolah Dasar Berpijak Pada Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16302

Siswantari, H. (2021). Pelatihan Kreativitas Gerak Tari dengan Tema Lingkungan bagi Guru PAUD. Jurnal Abdidas, 2(2). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.255

Sunaryo, A., Masunah, J., Narawati, T., & Nugraheni, T. (2020). Gerak Relationship Pada Permainan Anak Sunda Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi Tari Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.499

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.

Syofia, N., & Suharti, S. (2017). PELATIHAN SENI TARI DAN MUSIK SEBAGAI MEDIA TERAPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASASILAING BAWAH KOTA PADANGPANJANG. Batoboh, 1(1). https://doi.org/10.26887/bt.v1i1.139

Widiyanti, Dini. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Lenggang Raflesia. http.//ejournal.iainbengkulu.ac.id (diakses tanggal 19 desember 2018 pukul 21:34) Vol.1 no 2 januari 2018

Downloads

Published

2023-11-24