Peningkatan Badminton Coaching Skill Bagi Guru Paud Se-Kota Padang Melalui Pendekatan Shuutle Time

Authors

  • Donie Donie Universitas Negeri Padang
  • Alex Aldha Yudhi Universitas Negeri Padang
  • Adnan Fardi Universitas Negeri Padang
  • Angga Okta Pratama Universitas Negeri Padang
  • Eval Edmizal Universitas Negeri Padang

Abstract

Peningkatan soft skill guru Pendidikan Usia dini (PAUD) mengenai program pelatihan bulutangkis bagi anak usia dini sangat perlu dilaksanakan. Hal ini disebabkan oleh karena dalam memberikan pelatihan bulutangkis kepada anak-anak usia dini diperlukan suatu program pelatihan yang efektif, mudah dan meriah. Guru PAUD merupakan pilar utama dalam proses pengajaran dan pelatihan bulutangkis terhadap anak usia dini, maka dari itu guru PAUD membutuhkan pembekalan mengenai program pelatihan bulutangkis yang khusus diperuntukan bagi anak-anak usia dini. Kegiatan ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada guru PAUD dalam pengajaran dan pelatihan bulutangkis kepada anak usia dini dengan pendekatan shuttle time. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan kepada guru PAUD se-Kota Padang tentang program pelatihan bulutangkis shuttle time. Hasil dari kegiatan ini diharapkan nantinya adalah peningkatan kemampuan guru PAUD dalam melakasanakan pengajaran dan pelatihan bulutangkis dengan program shuttle time. Sehingga nantinya diharapkan akan meningkatkan minat anak-anak untuk bermain bulutangkis  

References

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.

Cabello Manrique, D. (2017). Shuttle Time BWF School Badminton Teachers' Manual.

Donie, D., Arifianto, I., Hermanzoni, H., Irawan, R., Edmizal, E., Soniawan, V., & Setiawan, Y. (2019). IMPLEMENTASI SHUTTLE TIME TERPADU DALAM PEMASSALAN DAN PENGEMBANGAN OLAHRAGA BULUTANGKIS. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 2(2), 35-45.

Duncan, M. J., AlShabeb, A., Fitton Davies, K., Alshahrani, N., & Almasoud, Y. (2023). A 6-Week Badminton-Based Movement Intervention Enhances Fundamental Movement Skills and Physical Fitness in Saudi Boys and Girls. Sports, 11(7), 132.

Gazali, N., & Cendra, R. (2017). Pelatihan Shuttle Time Bulutangkis Di Sd Negeri 91 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 305-308.

Latif, M. A., & Utama, A. B. (2018). Persepsi Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Terhadap Program Latihan Berbasis Shuttle Time Di Man 5 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 7(11).

Schools Badminton, T. (2011). Shuttle time.

Yuliawan, D., & Firdaus, M. (2018). Bulutangkis Sebagai Salah Satu Wadah Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak. Journal MOTION, 2(9), 122-130.

Downloads

Published

2023-11-24