Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Era Merdeka Belajar

Authors

  • Sudarwan Danim Universitas Bengkulu
  • Mutia Liana Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13627

Abstract

Produk dari pelatihan ini adalah untuk menghasilkan publikasi penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru di era merdeka belajar (FL). Pelatihan ini melibatkan guru-guru dari Yayasan Mutiara Cendekia dan guru-guru SMK di Lubuk Linggau. Prosedur kerja pelatihan meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) mendeteksi tingkat awal pemahaman tenaga pendidik mengenai pelaksanaan CAR untuk pengembangan profesi berkelanjutan di era FL, (2) pemaparan materi pelatihan dengan cara ceramah dan tanggapan, dimana pelatih menjelaskan kepada peserta pelatihan apa dan bagaimana mempersiapkan CAR di era FL diselingi dengan tanya jawab, (3) tutorial terbimbing, yang memberikan kesempatan kepada semua peserta pelatihan untuk berdiskusi dalam kelompok seminar; dan (4) praktik penulisan proposal CAR, dimana guru yang menjadi peserta pelatihan secara bersama-sama diundang untuk menulis rencana proposal CAR. Berdasarkan hasil evaluasi di akhir pelatihan, ditemukan bahwa sampai batas tertentu peserta pelatihan relatif memahami konsep dan teori CAR di era FL.

References

Arife, G. (2022). Twenty-First-Century Teacher Competencies and Trends in Teacher Training, Educational Theory in the 21st Century, Maarif Global Education Series book series (MGES)

Danim, S. (2021). Karya Tulis Inovatif: Sebuah Pengembangan Keprofesian Guru. Bandung: Rosda Karya

Jesse, T. Z., & Jerome, J. M. Z. (2022). 21st Century Teaching Skills and Teaching Standards Competence Level of Teacher, https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.12

Joshua, P. (2023). 5 Ways To Make Teacher Professional Development Effective, https://www.prodigygame.com/main-en/blog/teacher-professional-development/

Kemmis., & McTaggart. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Luisa, G. R. M. (2020). The Professionalization of Teachers: Competencies for the 21st-century, https://observatory.tec.mx/edu-bits-2/competencies-for-the-21st-century-teacher/

Mariya, B. (2021). Developing Research Competence of Teachers as a Way of Increasing Competitiveness of HEIs in Kazakhstan, https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-165327/v1

Mitchel, H. (2017). Learning Forward. https://learningforeward.org/wp-content/uploads/2017/professional-development-matters.pdf

Sam, K. (2022). The 7 Core 21st Century Teacher Competencies, www.newedtechclassroom.com

Venkatraman, G. (2018), The Professional Development of Teachers, International Journal of Pure and Applied Mathematics Volume 119 No. 7 2018, 2591-2600, https://acadpubl.eu/jsi/2018-119-7/articles/7c/74.pdf

Downloads

Published

2023-11-24