Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Pengelolaan Pangan Lokal Sebagai Desa Wisata di Desa Loka Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Yade K. Yasin Universitas Negeri Makassar
  • Hezron Alhim Dos Santos Universitas Negeri Makassar
  • Satriadi Satriadi Universitas Negeri Makassar
  • Andi Mas Jaya Universitas Negeri Makassar
  • Maria Herlinda Dos Santos Universitas Muhammadiyah Bone
  • Hasnah Hasnah Universitas Megarezky
  • Sismah Wati Awal Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pemanfaatan pangan lokal berbasis komunitas menjadi perhatian dalam pengembangan desa wisata di Desa Loka. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada masyarakat dalam mengembangkan produksi kuliner berbahan dasar pangan lokal. Metode yang digunakan yaitu pemberian materi terkait pemanfaatan bahan pangan lokal dan kandungan gizi bahan pangan setelah diolah dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pengolahan bahan lokal dalam menambah nilai jual dan pendapatan masyarakat, kegiatan lainnya yaitu pemberdayaan masyarakat dalam bentuk demo masak pembuatan sambel pasta tomat sebagai contoh produk yang dapat dikembangkan oleh masyarakat menjadi kuliner di desa tersebut. Dari hasil kegiatan yang dilakukan diperoleh bahwa ada peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dari pemberian materi edukasi di awal hingga praktik demo masak yang dilakukan terkait pemanfaatan pangan lokal ditandai dengan peserta aktif dan mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, peserta antusias dan mampu membuat produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal Desa Loka.

References

Ariani, R. P., Ekayani, I. A. P. H., Suriani, N. M., & Kusyanda, M. R. P. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Desa Bukti Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(1), 13–23.

Destiningrum, D., Dara Senjawati, N., & Murdiyanto, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Desa Wisata (Studi Kasus di Desa Wisata Kadisobo II,Desa Trimulyo, Kecamatan Sleman). Universitas Mercu Buana Yogyakarta-Yogyakarta.

Dewi, E. S. (2018). Isolasi Likopen Dari Buah Tomat (Lycopersicum Esculentum) Dengan Pelarut Heksana. Jurnal Agrotek UMMat, 5(2), 123. https://doi.org/10.31764/agrotek.v5i2.707

Ikhram, A., & Chotimah, I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Diversifikasi Pangan Masyarakat Melalui Inovasi Pangan Lokal Dari Singkong. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 271–278.

Hasri, H. (2015). Kandungan Likopen Buah Tomat (lycopersicum esculentum l.) terhadap Waktu dan Suhu Pemanasan. Jurnal Ilmiah Kimia & Pendidikan Kimia, 16(2), 28–35.

Itah Masitah. (2019). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6, 3.

Wjayanti, A. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata di Kota Yogyakarta, Indonesia. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya , 11(1), 74–82.

Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. 6(1).

Downloads

Published

2023-11-30