Sosialisasi Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Para Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an: Sebuah Pemahaman Kepada Para Wali Santri

Authors

  • Siswoyo Siswoyo Universitas Muhamamdiyah Pringsewu
  • Fatma Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13811

Abstract

Orang tua merupakan pilar yang sangat penting terhadap perkembangan anak termasuk dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak. Orang tua yang mengerti hakikat dan pentingnya pendidikan, mereka akan mengarahkan dan mendukung berbagai kegiatan untuk kemajuan anak. Bahasa Inggris merupakan Bahasa dunia yang menjadikan siapapun yang menguasainya akan mendapatkan berbagai macam peluang. Namun sayangnya masih banyak orang tua yang belum memahami pentingnya Bahasa Inggris untuk masa depan anak dalam menggapai cita-cita mereka. Pengabdian pada masyrakat ini memberikan wawasan kepada para wali santri yang menjadi orang tua bagi para santri ataupun anak-anak yang sedang belajar untuk mendalami agama. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Pada kesempatan ini dijelaskan pentingnya Bahasa Inggris bagi anak-anak santri. Peserta pengabdian pada masyarakat ini adalah para orang tua wali santri yang belajar di Taman Pendidikan Al-qur’an. Hasil dari pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah bahwa mereka yang terdiri dari wali santri merasa tercerahkan dan mempunyai wawasan yang bertambah luas terkait dengan pentingnya Bahasa Inggris bagi para santri.

References

Aini, M. R., Zen, M. Y., & Humam, R. (2022). Eng-Ing-Eng Sebagai Pengembangan Dakwah Nilai-Nilai Islam Dengan Menggunakan Bahasa Inggris Di TPATarbiyatul Islam Wates Kediri. Jabn, 3(1), 10–24. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.81

Alfarhan, I. (2016). English as a Global Language and the Effects on Culture and Identity. American Research Journal of English and Literature, 2, 1–6. https://doi.org/10.21694/2378-9026.16010

Astuti, E. P. (2023). Middle Schools’ English Language Curriculum Implementation: A Comparative Analysis Among the ASEAN Countries. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 308–322. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6326

Azir, I. D. A. (2021). Rumah Siap Kerja: English For Jobseekers Pelatihan Bahasa Inggris Daring Untuk Persiapan Mencari Kerja di Masa PHK Massal Saat Pandemi Covid-19. Surya Abdimas, 5(4), 503–510. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i4.1331

Milawaty. (2022). Analysis on the Implementation of Role-playing in English for Tourism Services. JLCT, 1(1), 39–49.

Wahyuni, N., & Bulan, A. (2022). Pelatihan Toefl dan Pendampingan Beasiswa untuk Komunitas “ Scholarship Hunter Dompu .” Jurnal Sinastra, 1(1), 308–317.

Yuniar Diyanti, B., & Madya, S. (2021). English for Young Learners (EYL) in ASEAN: Policy and Implementation. International Journal of Language Education, 5(3), 224–243. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i3.16382

Zalil, A., Azyana, N., Pek, &, & Seong, L. (2022). English Language in Tourism Industry: A Scoping Review. Asian Pendidikan, 2(2), 26–33. https://www.arsvot.org/All

Downloads

Published

2023-12-10