Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Pelatihan Soft Tennis
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.14383Abstract
Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang pendidikan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan untuk menjadi Pelatih Soft Tennis yang bersertifikat. Hal ini disebabkan karena Softtennis merupakan olahraga yang berkembang di Indonesia pada Umumnya, dan Sumatera Barat, khusunya. Kondisi ril saat ini di Pariaman, masih belum adanya pelatih softtennis yang bersertifikat. Hal ini menjadi kendala bagi daerah ini untuk memasyarakatkan olahraga Softtennis. Pelatihan pelatih Softtenis ini dilakuk dengan menggunaka metode Kelompok. Metode kelompok merupakan metode belajar dimana para peserta disetting dalam kelompok kecil. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang, yang dibagi menjadi 5 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Setiap kelompok didampingi oleh 1 orang instruktur. Data pre tes dan post tes diolah dengan menggunakan statistic deskriptif, t test, dan N_Gain score. Untuk melihat pengaruh dari pelatihan yang telah dilakukan selama dua hari, dilakukan uji perbedaan mean antara data pre test dan data post test. Berdasarkan hasil analisis di atas diperoleh nilai sig 0.0 < 0.05. Hasil itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi metode kelompok dalam meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan peserta pelatihan pelatih Softtennis di Kota Pariaman tahun 2023.
References
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.
Budimansyah, D. (2008). PAKEM; Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. PT. Genesindo.
Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis : Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Kanisius.
Jamalong, A. (2014). Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Secara Dini Melalui Pusat Pembinaan Dan Latihan Pelajar (PPLP) Dan Pusat Pembinaan Dan Latihan Mahasiswa (PPLM). Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 156–168. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/127
Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31
Nengah Kelirik. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1), 1–11.
Nurhidayat Nurhidayat, Eko Sudarmanto, Rispratama Rispratama, & Giaz Fathoni. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Olahraga Petanque Di Slbn Sukoharjo. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1135–1142. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i6.536
Praktino, R. (2012). Komunikasi dan Pembangunan. Alumni.
Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Shudur, M. (n.d.). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula, Volume 4(Nomor 2), 282.
Soegiyanto, S., Rahayu, S., Nurharsono, T., & ... (2022). Pelatihan dan Sosialisasi Tonis Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kabupaten Semarang. Journal of …, 2(1), 32–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/52442%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/download/52442/21496
Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Satya Widya, 31(2), 90. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101
Yahya Eko Nopiyanto, & Septian Raibowo. (2020). Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 114–124. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.264
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masrun Masrun, Damrah, Yogi Setiawan, Yanuar Kiram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works