Sosialisasi Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Bagi Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru

Authors

  • Arlian Firda Dosen Pendidikan Biologi Fadiksi Universitas Lancang Kuning
  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Rikizaputra Rikizaputra Dosen Pendidikan Biologi Fadiksi Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.14624

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh mitra saat ini untuk menjawab tantangan pembelajaran abad 21, belum mengetahui model pembelajaran yang tepat berbasiskan etnosains dalam proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan. Latar belakang siswa dari berbagai daerah dapat memperkuat pengalaman siswa dari daerah masing-masing yang bisa menjadi basis untuk mengambangkan model pembelajaran dari pengalaman kehidupan siswa. Guru belum pernah menerapkan model pembelajaran berbasis etnosains. Solusi yang diberikan adalah dengan sosialisasi model-model pembelajaran abad 21 yang berbasis etnosains. Terkini kegiatan dalam bentuk kegiatan sosilisasi transfer pengetahuan etnosains dan simulasi model pembelajaran berbasis etnosains. Pada kegiatan dilakukan pretest tentang pengetahuan awal peserta kegiatan dan kemudian memberikan tes setelah kegiatan berupa posttest. Dengan tujuan untuk menilai keberhasilan kegiatan yang dilakukan serta evaluasi pemahaman peserta dalam kegiatan yang dilakukan

References

Aqilla, V.T. & Effendi. 2022. Pengembangan LKPD Hakikat Ilmu Kimia Berbasis Etnosains Terintegrasi STEAM Pada Pembelajaran di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau 7(2): 96–104.

Khoiriyah, Z., Astriani, D. & Qosyim, A. 2021. Efektivitas Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Kalor. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains 9(3): 433–442.

Melawati, D. & Istianah, F. 2022. Pengembangan Modul Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd 10(4): 709–722.

Nuragnia, B., Nadiroh & Usman, H. 2021. Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6(2): 187–197.

Rikizaputra, R., Festiyed, F., Diliarosta, S. & Firda, A. 2021. Pengetahuan Etnosains Guru Biologi di SMA Negeri Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration 4(2): 186.

Siagian, G., Sirait, D.E., Situmorang, M.V., Silalahi, M.V., Studi, P., Biologi, P. & Matematika, P.S. 2022.

MELATIH KETERAMPILAN LITERASI SAINS Abstrac. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS) 02(02): 63–87.

Subekti, N. & Fibonacci, A. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains [ Mpkbe ] Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa: 83–90. Ratna, F dan Afidah, M (2019). Analisis Kesulitan Belajar dan Miskonsepsi Siswa Pada Pokok Bahsan Kultur Jringan Tumbuhan di Kelas XI IPA SMA Ash-Shofa Pekanbaru TA 2018/2019. Biolectura . Vol.4 No 1 . Tersedia di https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/4037/2148

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6 (2).

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learningterhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2)

Downloads

Published

2024-06-12