Peningkatan Kreatifitas Usaha Dagang Masyarakat Perspektif Masyarakat Milenial di Nagari Kuranji Hulu Sungai Sirah
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.14694Abstract
Pelatihan ini merupakan program dari Dosen Institut Agama Islam Sumatera Barat dalam mengabdikan diri kepada masyarakat serta berbagi keilmuan. Pengabdian ini dilaksanakan pada masyarakat Nagari Kuranji Hulu Sungai Sirah Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan hasil jual beli dan usaha masyarakat kecil, sehingga banyak diminati oleh masyarakat di era milenial sekarang. Metode penyampaian materi pengabdian dalam bentuk ceramah dan diskusi dengan dukungan projektor, Laptop dan Powerpoint untuk persentasi materi dari narasumber. Hasil pengabdian ini dapat disimpulkan, bahwa pemahaman materi yang disampaikan oleh narasumber dari 4 orang, maka 30% merasa puas dan 70% merasa sangat puas. Sedangkan dari segi motivasi peningkatan usaha, 80% masyarakat ingin memodifikasi jualannya untuk lebih baik sekali,12% masyarakat ingin meningkatkan usaha kepada online dan 8% masyarakat tetap dengan jualan sebelumnya. Hal ini, berdasarkan pemahaman masyarakat yang kurang memahami dalam penggunaan internet, sosial media maupun gadjet.
References
Aini, D. N., Huda, S., & Fitria, A. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Program BSPS Melalui Upaya Keswadayaan Demi Mewujudkan Rumah Layak Huni Di Desa Pucangombo. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 569–581. Https://Doi.Org/10.47467/Elmal.V5i2.4501
Ginting, A. M. (2013). Kendala Pembangunan Provinsi Daerah Kepulauan: Studi Kasus Provinsi Kepulauan Riau. 4(1).
Kirana, R. T., Ermadiani, E., & Budiman, A. I. (2022). Sosialisasi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (EMKM) Untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Wahana Dedikasi : Jurnal Pkm Ilmu Kependidikan, 5(1), 33.Https://Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V5i1.6703
Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Aradea, R., & Januardi, J. (2018). Kiprah Tenaga Pendidik Ekonomi / Akuntansi Dalam Mengaplikasikan Kompetensi Di Keluarga, Masyarakat, Organisasi Dan Dunia Kerja. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 1(2), 6.https://doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2281
Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26
Saputra, E., Amanah, F., Rahmadinur, W., & Yanti, N. (2022). Pelatihan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Diera Digital Pada Masyarakat Nagari Punggung Kasiak. Wahana Dedikasi: Jurnal PKM Ilmu Kependidikan. Vol.5, No. 2 2022.https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.9499
Saputra, E., Aryanti, Y., & Yemmardotillah, M. (2023). Peningkatan Soft Skill Penulisan Artikel Ilmiah Dan Publikasi Bagi Mahasiswa Stit Ahlussunnah Bukittinggi. Wahana Dedikasi: Jurnal PKM Ilmu Kependidikan.Vol.6,No 1 2023. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/10874.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edriagus Saputra, Firda Khairati Amris, M. Hubbal Khair, Rahmat Hidayat, Lusi Tania Agustin, Azamel Fata, Erwin Saputra Andika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works