Pelatihan Jarimatika Bagi Anak Panti Asuhan Hidayatullah Palembang Melalui Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG

Authors

  • Elsi Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Bayu Harianto Universitas PGRI Palembang
  • Amelia Khaira Universitas PGRI Palembang
  • Permata Salsabila Universitas PGRI Palembang
  • Rizka Syifa Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15058

Abstract

Pendidikan menjadi media dalam mencerdaskan generasi masa depan bangsa. Pendidikan mengembangkan kemampuan dan potensi anak menjadi manusia seutuhnya. Salah satu pendidikan yang penting untuk dipelajari oleh anak yaitu kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi merupakan keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari yang berguna sebagai bekal anak dalam mengasah kemampuan penyelesaian masalah. Panti asuhan merupakan salah satu tempat yang dapat membantu anak untuk mendapatkan hak dan kesejahteraan yang sama dalam berpendidikan. Oleh karena itu, salah satu wadah sebagai tempat pengabdian kami untuk mengembangkan kemampuan dan potensi numerasi anak yaitu Panti Asuhan Hidayatullah Palembang. Salah satu dasar dalam melatih kemampuan numerasi anak yaitu dengan metode jarimatika. Melatih anak melalui metode jarimatika dapat memberikan pengalaman baik kepada anak dalam belajar operasi hitung. Berdasarkan hasil observasi yang telah kami lakukan, terdapat beberapa masalah yang umum terjadi pada anak seperti kesulitan dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan. Dalam meningkatkan kemampuan tersebut, kami melakukan tiga tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa dari 19 peserta yang mengikuti kegiatan ini 73% diantaranya sudah memahami dan mampu menerapkan metode jarimatika ini dengan baik dan benar. Sedangkan 27% lainnya sudah mampu memahami konsep dari metode tersebut akan tetapi masih suka keliru dalam pengaplikasian di jari.

References

Ekawati, R., Firdaus, F., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pentingnya Literasi Numberasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bersama Radio Rri. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3932

Khoirunnisa, S., Ishartono, I., & Resnawaty, R. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69–73. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13258

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390–398. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/293

Murjainah, Tanzimah, Jayanti, Mareleni, Laksana, R. B., Hera, T., Surmilasari, N., & Novianti, S. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN QUIZIZZ UNTUK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RAMBUTAN UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK. 5(1), 2–8.

Rifai, N. (2015). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Study Kasus Pada Remaja Yang Tinggal di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten). Skripsi, 1–21.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Downloads

Published

2024-05-21