Menumbuhkan Literasi Anak-Anak Panti Asuhan Hidayatullah Palembang Melalui Permainan “Main Kata” pada Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG

Authors

  • Siti Nuraini Profesi Pendidikan Guru Bidang Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Arum Indahsari Profesi Pendidikan Guru Bidang Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Denti Oktaviani Profesi Pendidikan Guru Bidang Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Diora Kapisas Profesi Pendidikan Guru Bidang Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Rezkiko Mulya Profesi Pendidikan Guru Bidang Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Murjainah Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15202

Abstract

Tujuan kegiatan permainan ‘Main Kata’ adalah untuk membantu menumbuhkan literasi anak-anak panti asuhan Hidayatullah Palembang lewat sistematika permainan yang mengeksplorasi banyak kosakata bermakna dan kosakata baru yang dapat mereka temukan sepanjang permainan. Kegiatan dilakukan pada tanggal 30 Maret 2023 di lokasi panti asuhan Hidayatullah Palembang. Untuk menyelenggarakan permainan ‘Main Kata’ diperlukan beberapa alat & bahan antara lain, (a) Banner berukuran   sebagai Papan permainan, (b) Kotak huruf berukuran  (Kotak dibuat menggunakan bahan dasar kardus-kardus bekas yang dipotong sesuai ukuran dan dilabeli mewakili setiap huruf vokal maupun huruf konsonan dengan nilai skor yang tertera di bagian pojok kanan bawah, (c) Stopwatch, dan (d) Kamus KBBI (Berperan memvalidasi dan meloloskan setiap kata yang berhasil tercipta). Kegiatan ‘Main Kata’ ini telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan dan waktu yang telah direncanakan. Pelaksanaan kegiatan mendapatkan respon yang positif dari pengurus panti asuhan dan anak-anak panti asuhan yang antusias dalam melakukan permainan main kata. Kegiatan ini dapat membuat anak-anak panti asuhan terbiasa dalam menyusun kata sebagai dasar untuk menumbuhkan kemampuan literasi mereka, serta memberikan semangat bagi anak-anak panti asuhan dalam mempelajari kosa kata yang termuat dalam KBBI. Selain itu anak-anak panti asuhan mendapatkan pengetahuan baru mengenai makna dari setiap kata yang mereka susun. Hal ini dapat semakin menumbuhkan budaya literasi di lingkungan panti asuhan Hidayatullah Palembang.

 

References

Buadanani, & Eliza, D. (2022). Perencanaan pembelajaran berbasis permainan tradisional sebagai implementasi literasi budaya pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6, 47.

Jayantini, I. G. A. S. R., & I Wayan Juniartha. (2018). Gerakan Literasi bagi Anak-Anak Panti Asuhan SOS Children’s Village Tabanan. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, I(1), 33–40.

Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., Noviantari, P. S., & How. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. 4, 105–114.

Romadhon, A. C. (2020). PENTINGNYA MEMBACA DAN MENULIS SERTA KAITANNYA DENGAN KEMAJUAN PERADABAN BANGSA. SELL Journal, 5(1), 55.

Subandiyah, H. (2013). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699.

Downloads

Published

2024-05-22