Menumbuhkan Literasi Anak-Anak Panti Asuhan Hidayatullah Palembang Melalui Permainan “Main Kata” pada Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15202Abstract
Tujuan kegiatan permainan ‘Main Kata’ adalah untuk membantu menumbuhkan literasi anak-anak panti asuhan Hidayatullah Palembang lewat sistematika permainan yang mengeksplorasi banyak kosakata bermakna dan kosakata baru yang dapat mereka temukan sepanjang permainan. Kegiatan dilakukan pada tanggal 30 Maret 2023 di lokasi panti asuhan Hidayatullah Palembang. Untuk menyelenggarakan permainan ‘Main Kata’ diperlukan beberapa alat & bahan antara lain, (a) Banner berukuran sebagai Papan permainan, (b) Kotak huruf berukuran (Kotak dibuat menggunakan bahan dasar kardus-kardus bekas yang dipotong sesuai ukuran dan dilabeli mewakili setiap huruf vokal maupun huruf konsonan dengan nilai skor yang tertera di bagian pojok kanan bawah, (c) Stopwatch, dan (d) Kamus KBBI (Berperan memvalidasi dan meloloskan setiap kata yang berhasil tercipta). Kegiatan ‘Main Kata’ ini telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan dan waktu yang telah direncanakan. Pelaksanaan kegiatan mendapatkan respon yang positif dari pengurus panti asuhan dan anak-anak panti asuhan yang antusias dalam melakukan permainan main kata. Kegiatan ini dapat membuat anak-anak panti asuhan terbiasa dalam menyusun kata sebagai dasar untuk menumbuhkan kemampuan literasi mereka, serta memberikan semangat bagi anak-anak panti asuhan dalam mempelajari kosa kata yang termuat dalam KBBI. Selain itu anak-anak panti asuhan mendapatkan pengetahuan baru mengenai makna dari setiap kata yang mereka susun. Hal ini dapat semakin menumbuhkan budaya literasi di lingkungan panti asuhan Hidayatullah Palembang.
References
Buadanani, & Eliza, D. (2022). Perencanaan pembelajaran berbasis permainan tradisional sebagai implementasi literasi budaya pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6, 47.
Jayantini, I. G. A. S. R., & I Wayan Juniartha. (2018). Gerakan Literasi bagi Anak-Anak Panti Asuhan SOS Children’s Village Tabanan. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, I(1), 33–40.
Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., Noviantari, P. S., & How. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. 4, 105–114.
Romadhon, A. C. (2020). PENTINGNYA MEMBACA DAN MENULIS SERTA KAITANNYA DENGAN KEMAJUAN PERADABAN BANGSA. SELL Journal, 5(1), 55.
Subandiyah, H. (2013). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nuraini, Arum Indahsari, Denti Oktaviani, Diora Kapisas, Rezkiko Mulya, Murjainah Murjainah2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works