Peningkatan Keterampilan Penulisan Persuasif Buku Panduan “Museum Multatuli” Bagi Masyarakat di Sekitar Lebak-Banten

Authors

  • Widyasari
  • Agus Rianto
  • Hilma Erfiani Baroroh Universitas Terbuka
  • Enggar Mulyajati
  • Ardik Ardianto
  • Afriliani

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15312

Abstract

Saat ini museum yang merupakan lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat mendapatkan perhatian positif dari pemerintah. Salah satu museum yang terkenal di Indonesia yang letaknya di Lebak, Banten adalah Museum Multatuli yang telah berdiri sejak 18 Februari 2018. Pengunjung museum dari tahun 2020 ke 2021 mengalami penurunan sehingga berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan minat kunjungan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan minat literasi dan menulis kembali buku panduan Museum Multatuli secara persuasif. Buku panduan yang persuasif dapat berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sejarah dan kebudayaan serta dapat mengajak atau mendorong masyarakat untuk terlibat dalam upaya pelestariannya. Oleh karena itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan cara meningkatkan keterampilan penulisan persuasif pada buku panduan Museum Multatuli bagi masyarakat di sekitar Lebak, Banten sangat penting dilaksanakan. Kegiatan ini hadir melalui lokakarya penjelasan materi, diskusi, dan praktek langsung penulisan persuasif. Hasil yang didapat berdampak positif bagi kehidupan masayarakat dari segi sosial, ekonomi, dan pendidikan. Kegiatan ini telah mencapai target sesuai dengan tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, yaitu mengedukasi masyarakat di bidang literasi dan menghasilkan buku panduan Museum Multatuli yang lebih menarik, persuasif, dan mudah dipahami. Harapannya kegiatan ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pengunjung museum Multatuli, sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar museum Multatuli lebih sejahtera.

Kata kunci: Museum Multatuli, Penulisan Persuasif, Generasi Muda, Lebak Banten.

References

Candria, M. (2021). PELATIHAN PENULISAN PERSUASIF DAN PENYELENGGARAAN LOMBA POSTER DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH MANDIRI MUDA AR-RIDHO, TEMBALANG, SEMARANG. 5.

Cipta, H. (2021). Buku Panduan Museum Multatuli.

H.B. Jassin. (1972). Max Havelaar, Multatuli. Djambatan.

Roozana Maria Ritonga, I. M. M. (2023). Mengenal Museum Anti-Kolonialisme Multatuti sebagai Daya Tarik Wisata bagi Generasi Muda di Kabupaten Lebak, Banten. 3. https://stp-mataram.e-journal.id/JRT/article/view/2732/2166

Sigalingging, B. M., & Fernanda, A. (2023). Mengasah Keterampilan Generasi Muda Desa Tanjung Gunung Melalui Pelatihan Kreator Konten dan Penulisan Kreatif. 2.

Soliantini, S., Wardiah, D., & Rukiyah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 6(2), 327–335. https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i2.4883

Wati, F. F. (n.d.). KEMAMPUAN KOMUNIKASI PERSUASIF PENGELOLA MUSEUM PROVINSI SU- LAWESI TENGAH.

Downloads

Published

2024-05-30