Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 90 Kampung Beru Takalar

Authors

  • Sugirah Nour Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Nurfaidah Universitas Negeri Makassar
  • Ishak Bachtiar Universitas Negeri Makassar
  • Nur Alam Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Malik Asikin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15320

Abstract

Pemenuhan zat gizi pada anak usia sekolah dasar berperan penting pada periode pertumbuhan dan perkembangan. Kegiatan pengabdian Masyarakat di Sekolah Dasar Negeri 99 Kampung Beru Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar bertujuan untuk menambah pengetahuan anak sekolah dasar tentang asupan gizi seimbang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan media Powerfull Presentation Techniques (PPT) dan Media Lembar Balik. Hasil dari kegiatan ini didapatkan bahwa siswa-siswi 99 Kampunng Beru begitu antusias dalam berpartisipasi pada kegiatan edukasi. Siswa-siswi menyimak secara baik saat penyampaian materi, sehingga adanya interaksi antara satu dengan lainnya. Melalui penyuluhan gizi seimbang ini, siswa sekolah dasar dapat menerapkan gizi seimabng dan pola hidup sehat.

References

Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (2023) Survei Kesehatan Indonesia 2023 Dalam Angka. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Das, I., Saha, K., Mukhopadhyay, D., Roy, S., Raychaudhuri, G., Chatterjee, M., & Mitra, P. (2014). Impact of Iron Deficiency Anemia on Cell-Mediated and Humoral Immunity in Children: A Case Control Study. Journal of Natural Science, Biology and Medicine, 5(1), 158–163. https://doi.org/10.4103/0976-9668.127317

Farrel Zhafran, Nugraha Sutadipura and Mirasari Putri (2023) ‘Studi literatur: Hubungan Status Gizi dengan Kecerdasan Intelektual pada Siswa SDN Cigarung Kecamatan Leuwisadeng Bogor’, Bandung Conference Series: Medical Science, 3(1). Available at: https://doi.org/10.29313/bcsms.v3i1.6941.

Januariana, N.E. and Zebua, H. (2022) ‘Pemilihan Jajanan Anak Sekolah Dasar Mardi Lestari Kecamatan Medan Petisah Kota Medan’, Jurnal Kesehatan dan Masyarakat (JurnalKeFis), 2(1).

Mayar, F. and Astuti, Y. (2021) ‘Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(5), pp. 9695–9704.

Munzirin, R.M. and Afiani, N. (2023) ‘Pentingnya Pendidikan Kesehatan pada Usia Dini’, Research of Service Administration Health and Sains Healthys , 4(2), pp. 74–76.

Notoatmodjo (2018) Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oliveira, M.L. de et al. (2022) ‘Interdisciplinary Educational Interventions Improve Knowledge of Eating, Nutrition, and Physical Activity of Elementary Students’, Nutrients, 14(14). Available at: https://doi.org/10.3390/nu14142827.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2014) Permenkes No. 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta.

Siauta, J. A., Indrayani, T., & Bombing, K. (2020). Hubungan Anemia Dengan Prestasi Belajar Siswi di SMP Negeri Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah Tahun 2018. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 82–86. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.55

Downloads

Published

2024-05-29