Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu

Authors

  • Siswoyo Siswoyo Universitas Muhamamdiyah Pringsewu
  • Fatma Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15721

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan tambahan materi Pelajaran Bahasa Inggris kepada para santri Lembaga Pendidikan Islam “NURUL YAQIN” Teluk Betung Barat. Pengajaran kelas Bahasa Inggris pada kesempatan kali ini dikelola dengan menggunakan lagu. Lagu mempunyai daya tarik yang kuat bagi masyararakat tanpa terkecuali anak-anak. Topik Bahasa Inggris yang diajarkan adalah Parts of the body yang ditulis dalam lirik lagu. Peserta pengabdian masyarakat ini adalah para santri yang belajar di Lembaga Pendidikan Islam “NURULYAQIN” Teluk Betung Barat Bandar Lampung Lampung. Setelah mereka mengikuti pengabdian masyarakat ini, para santri merasa terbantu dan merasa senang karena mendapatkan tambahan ilmu baru. Mereka dapat menghafalkan kosa kata Anggota tubuh  dalam Bahasa Inggris dalam bentuk lagu. Mereka juga merasa lebih mudah untuk menghafalkan kosa kata tersebut. Para guru dan juga pengurus merasa senang dengan diadakannya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Para santri menjadi termotivasi untuk lebih giat dan rajin dalam belajar al-qur’an dan praktek ibadah lainnya.

References

Aryawan, M. (2023). The Implementation of the Paikem Approach by Using the Graphic Media to Increase Students’ Activeness and Learning Outcomes in the Language Subject. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.59824

Atikoh Zulfa, R. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Dan Permainan Edukatif Pada Siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512

Iswati, H. D., & Rois, N. K. A. (2023). “Paikem Gembrot in English Language Teaching for Young Learners: a Narrative Inquiry of Teachers’’ Experience".” Wiralodra English Journal, 7(1), 133–150. https://doi.org/10.31943/wej.v7i1.214

Kanza, M., Hosnan, M., & Suparno. (2021). A Study of the Implementation of PAIKEM Learning Activities at Grade II SDN Seroja. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 10(3), 689–695. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/8117/pdf

Pamungkas, A., & Tohir, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Siswa Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 415–420.

Retno, R., & Susanti, D. (2024). Using English-Lyric Songs to Expand Children’s Vocabulary. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1654–1663.

Susanti, I. M. A. (2023). Model Terbaik Si Pro: Manajemen Pembelajaran Kursus Bahasa Inggris pada Lembaga Pendidikan B’Wikan Singaraja. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 134–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60149

Yatimah, D., Adman, A., & Solihin, S. (2018). Application of the PAIKEM Method to Improve Learning Outcomes. Advances in Economics, Business and Management Research, 88, 51–54. https://doi.org/10.2991/iciir-18.2019.10

Downloads

Published

2024-05-31