Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15721Abstract
Tujuan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan tambahan materi Pelajaran Bahasa Inggris kepada para santri Lembaga Pendidikan Islam “NURUL YAQIN” Teluk Betung Barat. Pengajaran kelas Bahasa Inggris pada kesempatan kali ini dikelola dengan menggunakan lagu. Lagu mempunyai daya tarik yang kuat bagi masyararakat tanpa terkecuali anak-anak. Topik Bahasa Inggris yang diajarkan adalah Parts of the body yang ditulis dalam lirik lagu. Peserta pengabdian masyarakat ini adalah para santri yang belajar di Lembaga Pendidikan Islam “NURULYAQIN” Teluk Betung Barat Bandar Lampung Lampung. Setelah mereka mengikuti pengabdian masyarakat ini, para santri merasa terbantu dan merasa senang karena mendapatkan tambahan ilmu baru. Mereka dapat menghafalkan kosa kata Anggota tubuh dalam Bahasa Inggris dalam bentuk lagu. Mereka juga merasa lebih mudah untuk menghafalkan kosa kata tersebut. Para guru dan juga pengurus merasa senang dengan diadakannya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Para santri menjadi termotivasi untuk lebih giat dan rajin dalam belajar al-qur’an dan praktek ibadah lainnya.
References
Aryawan, M. (2023). The Implementation of the Paikem Approach by Using the Graphic Media to Increase Students’ Activeness and Learning Outcomes in the Language Subject. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.59824
Atikoh Zulfa, R. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Dan Permainan Edukatif Pada Siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512
Iswati, H. D., & Rois, N. K. A. (2023). “Paikem Gembrot in English Language Teaching for Young Learners: a Narrative Inquiry of Teachers’’ Experience".” Wiralodra English Journal, 7(1), 133–150. https://doi.org/10.31943/wej.v7i1.214
Kanza, M., Hosnan, M., & Suparno. (2021). A Study of the Implementation of PAIKEM Learning Activities at Grade II SDN Seroja. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 10(3), 689–695. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/8117/pdf
Pamungkas, A., & Tohir, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Siswa Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 415–420.
Retno, R., & Susanti, D. (2024). Using English-Lyric Songs to Expand Children’s Vocabulary. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1654–1663.
Susanti, I. M. A. (2023). Model Terbaik Si Pro: Manajemen Pembelajaran Kursus Bahasa Inggris pada Lembaga Pendidikan B’Wikan Singaraja. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 134–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60149
Yatimah, D., Adman, A., & Solihin, S. (2018). Application of the PAIKEM Method to Improve Learning Outcomes. Advances in Economics, Business and Management Research, 88, 51–54. https://doi.org/10.2991/iciir-18.2019.10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siswoyo Siswoyo, Fatma Yuniarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works