Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Mulawarman
  • Nur Haryanti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital dengan lebih efektif, sehingga mampu memberikan peningkatan pada kualitas pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dan desain penelitian partisipatif. Subjek penelitian adalah guru dari berbagai sekolah yang bersedia berpartisipasi dalam program pengembangan kompetensi. Jumlah partisipan disesuaikan dengan kapasitas program pelatihan yang direncanakan.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa optimalisasi kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital membawa dampak positif signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Peningkatan pengetahuan teknologi, keterampilan pedagogis, dan kemampuan manajemen kelas digital memberikan peluang bagi guru untuk mewujudkan lingkungan belajar yang lebih personal, interaktif, dan efektif.

References

Adisel, A., Azzara, M. F., Sari, C. O., Gusamba, P. N., & Seftiansari, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dimasa Pandemik. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 158–164. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3412

Arnesi, N., & Abdul Hamid, dan K. (2015). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE-OFFLINE DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2, Issue 1).

Atul, R., & Lubis, S. (2023). Transformasi Literasi Digital dalam Membangun Paradigma Berdiferensiasi. Universitas Jenderal Soedirman Hal, 305–311.

Faisal, F., Ali, H., & Imron Rosadi, K. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.704

Ilmiah Pedagogy, J., Teguh Purnawanto, A., & Dosen STAI Muhammadiyah Blora, Mp. (n.d.). Volume 2 Nomor 1 Pebruari 2023 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI.

Indah Lestari, F., & Suratman Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan Pontianak, D. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MATERI APLIKASI PRESENTASI.

Rohman Sekolah Menengah Atas Yayasan Karsa Madya, H., & Jawa Barat, S. (2020). Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967–1972. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631

Tomlinson Carol Ann. (2001). How to Differentiate Instruction In Mixed-ability Classrooms. ASCD (2ND ed.).

Ultra Gusteti, M. (n.d.). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Yustanti, I., & Novita, D. (n.d.). PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4.0 UTILIZATION OF E-LEARNING FOR EDUCATORS IN DIGITAL ERA 4.0.

Downloads

Published

2024-07-27