Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital dengan lebih efektif, sehingga mampu memberikan peningkatan pada kualitas pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dan desain penelitian partisipatif. Subjek penelitian adalah guru dari berbagai sekolah yang bersedia berpartisipasi dalam program pengembangan kompetensi. Jumlah partisipan disesuaikan dengan kapasitas program pelatihan yang direncanakan.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa optimalisasi kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital membawa dampak positif signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Peningkatan pengetahuan teknologi, keterampilan pedagogis, dan kemampuan manajemen kelas digital memberikan peluang bagi guru untuk mewujudkan lingkungan belajar yang lebih personal, interaktif, dan efektif.
References
Adisel, A., Azzara, M. F., Sari, C. O., Gusamba, P. N., & Seftiansari, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dimasa Pandemik. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 158–164. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3412
Arnesi, N., & Abdul Hamid, dan K. (2015). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE-OFFLINE DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2, Issue 1).
Atul, R., & Lubis, S. (2023). Transformasi Literasi Digital dalam Membangun Paradigma Berdiferensiasi. Universitas Jenderal Soedirman Hal, 305–311.
Faisal, F., Ali, H., & Imron Rosadi, K. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.704
Ilmiah Pedagogy, J., Teguh Purnawanto, A., & Dosen STAI Muhammadiyah Blora, Mp. (n.d.). Volume 2 Nomor 1 Pebruari 2023 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI.
Indah Lestari, F., & Suratman Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan Pontianak, D. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MATERI APLIKASI PRESENTASI.
Rohman Sekolah Menengah Atas Yayasan Karsa Madya, H., & Jawa Barat, S. (2020). Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967–1972. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631
Tomlinson Carol Ann. (2001). How to Differentiate Instruction In Mixed-ability Classrooms. ASCD (2ND ed.).
Ultra Gusteti, M. (n.d.). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Yustanti, I., & Novita, D. (n.d.). PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4.0 UTILIZATION OF E-LEARNING FOR EDUCATORS IN DIGITAL ERA 4.0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Nur Haryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works