Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SDN 2 Lubuk Seberuk, Lempuing Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.16013Abstract
Penulisan karya ilmiah salah satunya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu solusi yang diharapkan mampu memberikan pemecahan masalah yang banyak dihadapi para guru ketika mengajar. Minimnya kesempatan dan daya kreativitas guru dalam mengajar dapat diatasi melalui penerapan PTK. PTK yang dilakukan tidak hanya menyasar pada sisi pengembangan kompetensi mengajar semata guru, tetapi mampu memberikan peningkatan kualitas jenjang jabatan melalui publikasi PTK yang dilaksanakan. Metode yang dilakukan berupa pelatihan penulisan PTK yang dilakuan secara bertahap, diawali dengan pemberian materi secara umum, dilanjutkan dengan penulisan PTK yang dilakukan secara terbimbing setiap minggu secara online sampai pada publikasi hasil PTK pada jurnal terakreditasi. Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pelaksanaan kegiatan penyuluhan PTK ini dapat memberikan wawasan atau pemahaman peserta terhadap PTK. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan diskusi dan tanya jawab seputar PTK. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memotivasi guru sebagai peserta penyuluhan untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui kegiatan PTK. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah kelas yang dihadapi dan mencari kemungkinan penyebab dan solusinya.
References
Arikunto, S., & dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.
Azaharil, A. (2000). Karya Tulis Ilmiah. Universitas Trisakti.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Dirjen Dirjen Dikdasmen.
Djuharie, O. S. (2001). Pedoman Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yrama Widya.
Dwiloka, B., & Riana, R. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.
Kuntaro, M. N. (2007). Cermat dalam Berbahasa dan Teliti dalam Berpikir. Mitra Wacana Media.
Moleong, Lexy. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Samimanto. (2010). Ayo Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Rasail Media Grup.
Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Press.
Sutanto, L. (2013). Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darwin Effendi, Achmad Wahidy, Yenny Puspita, Hetilaniar Hetilaniar, Juaidah Agustina, Hayatun Nufus, Masnunah Masnunah, Dian Nuzuli Armariena, M Nasir, Riyanto Riyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works