Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SDN 2 Lubuk Seberuk, Lempuing Jaya

Authors

  • Darwin Effendi Program Studi Pendidikan Profesi Guru
  • Achmad Wahidy Program Studi Pendidikan Profesi Guru
  • Yenny Puspita Program Studi Pendidikan Profesi Guru
  • Hetilaniar Hetilaniar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Juaidah Agustina Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Hayatun Nufus Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Masnunah Masnunah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Dian Nuzuli Armariena Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • M Nasir Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Riyanto Riyanto Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.16013

Abstract

Penulisan karya ilmiah salah satunya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu solusi yang diharapkan mampu memberikan pemecahan masalah yang banyak dihadapi para guru ketika mengajar. Minimnya kesempatan dan daya kreativitas guru dalam mengajar dapat diatasi melalui penerapan PTK. PTK yang dilakukan tidak hanya menyasar pada sisi pengembangan kompetensi mengajar semata guru, tetapi mampu memberikan peningkatan kualitas jenjang jabatan melalui publikasi PTK yang dilaksanakan. Metode yang dilakukan berupa pelatihan penulisan PTK yang dilakuan secara bertahap, diawali dengan pemberian materi secara umum, dilanjutkan dengan penulisan PTK yang dilakukan secara terbimbing setiap minggu secara online sampai pada publikasi hasil PTK pada jurnal terakreditasi. Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pelaksanaan kegiatan penyuluhan PTK ini dapat memberikan wawasan atau pemahaman peserta terhadap PTK. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan diskusi dan tanya jawab seputar PTK. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memotivasi guru sebagai peserta penyuluhan untuk melakukan inovasi pembelajaran melalui kegiatan PTK. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah kelas yang dihadapi dan mencari kemungkinan penyebab dan solusinya.

Author Biography

Darwin Effendi, Program Studi Pendidikan Profesi Guru

SINTA ID : 6196427

References

Arikunto, S., & dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Azaharil, A. (2000). Karya Tulis Ilmiah. Universitas Trisakti.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Dirjen Dirjen Dikdasmen.

Djuharie, O. S. (2001). Pedoman Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yrama Widya.

Dwiloka, B., & Riana, R. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Kuntaro, M. N. (2007). Cermat dalam Berbahasa dan Teliti dalam Berpikir. Mitra Wacana Media.

Moleong, Lexy. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Samimanto. (2010). Ayo Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Rasail Media Grup.

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Press.

Sutanto, L. (2013). Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Erlangga.

Downloads

Published

2024-07-18