Sosialisasi dalam Pembentukan Karakter Profil Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini di Tenggarong

Authors

  • Masrur Yahya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Zaenab Hanim Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Siti Halimah Tasa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Sumitro Sumitro Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepala sekolah dan guru dalam penguatan profil pelajar pancasila. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para kepala sekolah dan guru di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini di wilayah Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi workshop, pelatihan, dan konsultasi. Pemahaman mendalam terhadap bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi proses pembentukan karakter anak usia dini menjadi krusial untuk dianalisis dan dioptimalkan.Arahan dari Tim PkM memberikan kontribusi penting dalam menyampaikan informasi, strategi, dan pendekatan yang mendukung kepala sekolahdan guru dalam membentuk karakter profil pelajar pancasila.Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam memberikan pemahaman yang lebih komperhensif kepada kepala sekolah dan guru tentang profil pelajar pancasila khususnya di lembaga pendidikan anak usia dini

References

Asrin, A. (2021). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. CV. Azka Pustaka.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–15.

Fauzi, A. (2021). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2), 178–184.

Hanim, Z., & Wazir, A. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan efektivitas kerja guru di SMP Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 2(1), 9–14.

Hasan, M., Harahap, T. K., Trisnawati, S. N. I., Hamzah, H., Munte, A., Simanungkalit, L. N., Hakim, L., Hasibuan, S., Arisah, N., & Hasibuan, N. S. (2023). Pengantar pendidikan Indonesia: Arah baru dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Penerbit Tahta Media.

Hindriana, A. F. (2023). Analisis implementasi pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila SMP di Jakarta Barat pada Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 303–314.

Kamilah, S. M., Ulfah, H., Sari, M. N., Fadila, R. N., & Hasanah, L. (2022). Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di PAUD Harapan Bunda. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 15–30.

Latief, S. (2020). Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai pondasi pembentukan karakter dalam era revolusi 4.0 dan Society 5.0: Teknik dan keberlanjutan pendidikan karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2), 45–55.

Martini, E. (2022). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan di pendidikan kejuruan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 7(1), 9–16.

Saltiana, A. (2022). Upaya polisi dalam menyikapi kenakalan remaja di Tenggarong Seberang. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(1), 11–18.

Published

2024-12-05