Sosialisasi dalam Pembentukan Karakter Profil Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini di Tenggarong
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepala sekolah dan guru dalam penguatan profil pelajar pancasila. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para kepala sekolah dan guru di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini di wilayah Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi workshop, pelatihan, dan konsultasi. Pemahaman mendalam terhadap bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi proses pembentukan karakter anak usia dini menjadi krusial untuk dianalisis dan dioptimalkan.Arahan dari Tim PkM memberikan kontribusi penting dalam menyampaikan informasi, strategi, dan pendekatan yang mendukung kepala sekolahdan guru dalam membentuk karakter profil pelajar pancasila.Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam memberikan pemahaman yang lebih komperhensif kepada kepala sekolah dan guru tentang profil pelajar pancasila khususnya di lembaga pendidikan anak usia dini
References
Asrin, A. (2021). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. CV. Azka Pustaka.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–15.
Fauzi, A. (2021). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2), 178–184.
Hanim, Z., & Wazir, A. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan efektivitas kerja guru di SMP Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 2(1), 9–14.
Hasan, M., Harahap, T. K., Trisnawati, S. N. I., Hamzah, H., Munte, A., Simanungkalit, L. N., Hakim, L., Hasibuan, S., Arisah, N., & Hasibuan, N. S. (2023). Pengantar pendidikan Indonesia: Arah baru dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Penerbit Tahta Media.
Hindriana, A. F. (2023). Analisis implementasi pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila SMP di Jakarta Barat pada Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 303–314.
Kamilah, S. M., Ulfah, H., Sari, M. N., Fadila, R. N., & Hasanah, L. (2022). Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di PAUD Harapan Bunda. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 15–30.
Latief, S. (2020). Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai pondasi pembentukan karakter dalam era revolusi 4.0 dan Society 5.0: Teknik dan keberlanjutan pendidikan karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2), 45–55.
Martini, E. (2022). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan di pendidikan kejuruan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 7(1), 9–16.
Saltiana, A. (2022). Upaya polisi dalam menyikapi kenakalan remaja di Tenggarong Seberang. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(1), 11–18.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masrur Yahya, Zaenab Hanim, Yudo Dwiyono, Siti Halimah Tasa, Sumitro Sumitro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works