Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru dalam Mengimplemetasikan Budaya Mandar Melalui Metode Main Peran di TK Fathina
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i1.16473Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan alat pembelajaran yang mendukung guru Taman Kanak-kanak (TK) dalam mengajarkan budaya Mandar melalui metode bermain peran. Program ini melibatkan guru TK Fathinah sebagai mitra utama. Alat pembelajaran yang dikembangkan meliputi panduan bermain peran yang disesuaikan dengan konteks budaya Mandar, media pembelajaran yang mendukung, serta pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penggunaan alat tersebut. Penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan pengetahuan kepada guru Taman Kanak-Kanak Fathinah Kabupaten Majene dan sebagai bahan masukan dalam menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran. Tim PkM akan memberikan modul ajar berupa buku panduan guru mengenai main peran. Metode yang akan digunakan dalam PkM ini adalah ceramah dan pendampingan yang dikemas dalam bentuk workshop. Tahap pelaksanaan PkM meliputi tahap pertama,koordinasi dan analisis kebutuhan dari masalah mitra, tahap kedua, menyusun modul ajar, tahap ketiga adalah pelatihan, pendampingan dan evaluasi dan tahap keempat menyusun laporan kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa alat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dengan baik di lingkungan TK dan disambut positif oleh guru dan anak-anak. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian budaya Mandar melalui pendidikan anak usia dini.
References
Felani, N. (2019). Implementasi Pembelajaran PKBM Berbasis Budaya Guna Mendukung Pelestarian Budaya di PKBM Wiratama Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.
Herlina, H. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Journal of Educational Research, 1(1), 123-136.
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
Maryatun, I. B., Pamungkas, J. J., & Christianti, M. (2017). Kemampuan Guru Taman Kanak-Kanak di Yogyakarta dalam Mengembangkan Tema Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2).
Ningrum, E. S., Christianti, M., Maryatun, I. B., & Cholimah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Buku Panduan Pembuatan dan Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Lalu Lintas untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak.
Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2).
Sukarya, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(2), 611-617.
Syarkani, S., Siraj, S., & Milfayetty, S. (2019). Program Kemitraan Masyarakat bagi Kelompok Guru TK/RA Melalui Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Berbasis Nilai-Nilai Islam di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi.
Usman, Z. (2020). Pembimbingan Menggunakan Metode Diskusi dan Tugas Individu Guru Binaan dalam Menyusun RPP Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan.
Yusuf, W., & Rahmat, A. (2020). Model Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di Tk Negeri Pembina Telaga Kabupaten Gorontalo. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 61-70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 St. Maria Ulfah, Bulkis Bulkis, Syahrinullah Syahrinullah, Saddam Husain, Fajar Rakasiwi, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works