Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Di Era Digital untuk Peningkatan Pendidikan Siswa di SPS Darul Wahab Cikalong Wetan
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i1.16704Abstract
Di era digital yang semakin berkembang, teknologi telah masuk ke berbagai bagian kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Baik pendidikan formal maupun nonformal. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru dan orang tua siswa tentang pentingnya pemanfaatan teknologi di era digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak. Dalam upaya untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar lembaga perguruan tinggi, kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui sharing informasi dan pengetahuan. Dalam sosialisasi ini dibahas berbagai masalah terkait teknologi di era digital yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang dibahas meliputi urgensi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, tantangan pendidikan anak di era digital, peran guru dalam mengoptimalkan teknologi, dan solusi implementasi teknologi di sekolah. Peserta dari sosialisasi ini adalah guru dan orangtua siswa. Peserta diharapkan dapat memahami pentingnya memanfaatkan teknologi di era digital untuk meningkatkan mutu pendidikan, sehingga sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru untuk kemajuan sekolah.
Keywords: Digital Era; Utilization of Technology; Improvement of Education
References
Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailia, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Conference Series Journal, 01(01), 01–06.
Anggraeni, N., & Manik, Y. M. (2023). Pembelajaran Anak di Era Digital. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 173–177. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2399
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Fania, G. I., Khasanah, R. N., Salsabila, U. H., Azizah, R. H., & Listiyani, A. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 575–590. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.320
Manullang, J. G. (2024). Peran Generasi Muda di Era Digitalisasi 5.0. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 164–168. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.16191
Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 545–554. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32111
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323–329. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296
Satria, H., Nafisa, R. B., Putri, S. V., & Gusmaneli, G. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Anak Bangsa di Era Digital. Journal of Regional Development and Technology Initiatives, 1, 17–26. https://doi.org/10.58764/j.jrdti.2023.2.46
Sholeh, M. I. (2023). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: MENINGKATKAN KINERJA GURU DI ERA DIGITAL Muh. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2095
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974
Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). IMPLIKASI TEKNOLOGI ERA DIGITAL TERHADAP TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SIDEREJO HILIR KACAMATAN MEDAN TEMBUNG SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, 31(1), 745. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Puji Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works