Upaya Memperkuat Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Sungai Duren Melalui Program Green Psychology

Authors

  • Muhammad Ferdiansyah Universitas Jambi
  • Muhammad Zulfikar Universitas Jambi
  • Muhammad Alridho Lubis Universitas Jambi
  • Rully Andi Yaksa
  • Yulianti

DOI:

https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16825

Abstract

Permasalahan sampah telah menjadi isu yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan pengamatan lapangan yang dilakukan pada 7–10 Juni 2024 di tepi jalan nasional Desa Sungai Duren, Kabupaten Muaro Jambi, ditemukan tumpukan sampah rumah tangga, khususnya sampah plastik campuran, yang berserakan hingga ke tengah jalan. Kondisi ini menyebabkan air di sekitar tumpukan sampah berubah menjadi hitam pekat. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan siswa sekolah dasar dalam memahami dan mempraktikkan perilaku yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pendekatan Green Psychology. Pendekatan ini mencakup penanaman pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang bertujuan membentuk kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan dilakukan di sekolah dasar di Desa Sungai Duren, Muaro Jambi, dengan melibatkan siswa, guru, dan warga sekitar sekolah. Metode yang digunakan adalah PPM (Planning, Programming, Monitoring), yang merupakan pendekatan sistematis dan terstruktur yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masyarakat sasaran. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya perubahan perilaku siswa yang ditandai dengan peningkatan pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan keterampilan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.

References

Ahmad Murni, A. M. (2019). Efektivitas Sanksi Pidana Pasal 98 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 terhadap Pelaku Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari).

Anugerah, F., Yahya, M. R., & Syahrier, F. A. (2024). Studi Evaluatif Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru Pasca di Terbitkannya Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2014. SUMUR-Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 28-37. https://doi.org/10.58794/sumur.v2i2.903

Ferdi, M. F., Harahap, N. H., Muhammad Alridho Lubis, Zulfikar, M., Yulianti, Y., & Rahmayanty, D. (2022). Program Kreativitas Mahasiswa me Optimalisasi Partisipasi Mahasiswa Meraih Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Belmawa Dikristek Kemendikbud. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(1), 15-22. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1829

Nizaar, M., & Si, M. P. (2022, August). Green Education untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snppm) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 6-15). https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm

Noer, S., & Wistara, S. V. (2024). Edukasi Sadar Sampah serta Pembuatan Kertas Daur Ulang di SDIT Insan Madani. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 7(4), 484-492. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23262

Puspitasari, A., & Muadin, A. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP di SD Bontang. Annizom, 8(1). http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.3914

Ramadhani, R. (2022). Survey Kandungan Hara N, P, dan K di Rawa Lebak Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Simanungkalit, N. M. (2023). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Sinar Mulya Abadi dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi lUar Kotas (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Simon, G., Wiyatno, T. N., Kustiwan, S., & Darmawan, H. (2024). Sosialisasi Kegiatan 3R Reduce Reuse dan Recycle di TK Kupu Kupu Mungil Desa Mekarsari Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(6), 378-382. https://doi.org/10.59837/54c8wr43

Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi belajar. Feniks Muda Sejahtera.

van Drooge, L., & Spaapen, J. (2022). Evaluation and monitoring of transdisciplinary collaborations. The Journal of Technology Transfer, 47(3), 747-761.

Downloads

Published

2024-10-19