Upaya Memperkuat Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Sungai Duren Melalui Program Green Psychology
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.16825Abstract
Permasalahan sampah telah menjadi isu yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan pengamatan lapangan yang dilakukan pada 7–10 Juni 2024 di tepi jalan nasional Desa Sungai Duren, Kabupaten Muaro Jambi, ditemukan tumpukan sampah rumah tangga, khususnya sampah plastik campuran, yang berserakan hingga ke tengah jalan. Kondisi ini menyebabkan air di sekitar tumpukan sampah berubah menjadi hitam pekat. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan siswa sekolah dasar dalam memahami dan mempraktikkan perilaku yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pendekatan Green Psychology. Pendekatan ini mencakup penanaman pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang bertujuan membentuk kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan dilakukan di sekolah dasar di Desa Sungai Duren, Muaro Jambi, dengan melibatkan siswa, guru, dan warga sekitar sekolah. Metode yang digunakan adalah PPM (Planning, Programming, Monitoring), yang merupakan pendekatan sistematis dan terstruktur yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masyarakat sasaran. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya perubahan perilaku siswa yang ditandai dengan peningkatan pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan keterampilan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
References
Ahmad Murni, A. M. (2019). Efektivitas Sanksi Pidana Pasal 98 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 terhadap Pelaku Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari).
Anugerah, F., Yahya, M. R., & Syahrier, F. A. (2024). Studi Evaluatif Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru Pasca di Terbitkannya Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2014. SUMUR-Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 28-37. https://doi.org/10.58794/sumur.v2i2.903
Ferdi, M. F., Harahap, N. H., Muhammad Alridho Lubis, Zulfikar, M., Yulianti, Y., & Rahmayanty, D. (2022). Program Kreativitas Mahasiswa me Optimalisasi Partisipasi Mahasiswa Meraih Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Belmawa Dikristek Kemendikbud. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(1), 15-22. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1829
Nizaar, M., & Si, M. P. (2022, August). Green Education untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snppm) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 6-15). https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm
Noer, S., & Wistara, S. V. (2024). Edukasi Sadar Sampah serta Pembuatan Kertas Daur Ulang di SDIT Insan Madani. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 7(4), 484-492. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23262
Puspitasari, A., & Muadin, A. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP di SD Bontang. Annizom, 8(1). http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.3914
Ramadhani, R. (2022). Survey Kandungan Hara N, P, dan K di Rawa Lebak Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Simanungkalit, N. M. (2023). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Sinar Mulya Abadi dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi lUar Kotas (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Simon, G., Wiyatno, T. N., Kustiwan, S., & Darmawan, H. (2024). Sosialisasi Kegiatan 3R Reduce Reuse dan Recycle di TK Kupu Kupu Mungil Desa Mekarsari Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(6), 378-382. https://doi.org/10.59837/54c8wr43
Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi belajar. Feniks Muda Sejahtera.
van Drooge, L., & Spaapen, J. (2022). Evaluation and monitoring of transdisciplinary collaborations. The Journal of Technology Transfer, 47(3), 747-761.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ferdiansyah, Muhammad Zulfikar, Muhammad Alridho Lubis, Rully Andi Yaksa, Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works